Rayakan Idul Fitri Hari Ini, Jemaah Al Muhdlor Tulungagung Akui Laksanakan Puasa 2 Hari Lebih Awal
Nasional

Jemaah Al Muhdlor yang berpusat di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur, merayakan hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah lebih awal dari ketetapan pemerintah.

WowKeren - Jemaah Al Muhdlor yang berpusat di Desa Wates, Kecamatan Sumbergempol, Tulungagung, Jawa Timur, merayakan hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah pada hari ini, Jumat (22/5). Mereka lantas telah menggelar Salat Id berjemaah pagi tadi.

Salat Id digelar di Masjid Nur Muhammad di Desa Wates dan menjadi pusat dakwah Al Muhdlor Indonesia. Sebanyak 40 orang hadir untuk melaksanakan salat jemaah. Salat Id diimami langsung oleh Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdhor, pengasuh pondok pesantren yang juga putra almarhum Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdhor.

Selain itu, pelaksanaan salat berjamaah dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan. "Kami hanya memantau dan mengamankan jalannya ibadah Salat Id untuk memastikan pelaksanaannya tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Kanit Binmas Polsek Sumbergempol, Aiptu Mujito mengutip dari CNN Indoensia, Jumat (22/5).


Sebelumnya, Jemaah Al Muhdlor diketahui juga melaksanakan ibadah puasa Ramadan dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah. Sehingga tak heran bila kemudian perayaan Idul Fitri mereka jadi dua hari lebih awal dari ketetapan pemerintah.

"Kami melaksanakan puasa dua hari lebih awal dibanding umat Islam pada umumnya," Habib Hamid Bin Ahmad Al Muhdhor. Selain itu, keputusan puasa dan perayaan hari raya Idul Fitri yang lebih awal bukan diputuskan sembarangan.

"Sudah ada hitung-hitungannya berdasar petunjuk ahli Falaq," tambah Habib Hamid. "Keyakinan ini juga sudah diikuti jamaah Al Muhdhor sejak lama, sejak masa Habib Sayyid Ahmad bin Salim Al Muhdhor masih hidup."

Meski begitu, mereka tak berkenan bila kegiatan salat Id berjamaahnya diliput oleh media. "Ibadah itu urusan yang sangat pribadi. Kami ingin menjalani ibadah dengan tenang dan tidak perlu menjadi sorotan yang nantinya justru memicu perdebatan di masyarakat karena kami menjalani ibadah Salat Id lebih awal dibanding umat Islam pada umumnya," pungkas Habib Hamid.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait