Suga BTS Bahas Perbedaan Mixtape Rilisan 2016 dan 2020 Serta Alasan Gunakan Musik Tradisional
Musik

Time mempublikasikan wawancara dengan Suga di mana musisi kelahiran 1993 itu membicarakan mixtape terbarunya, identitas seorang Agust D serta alasan menggunakan alat musik tradisional Korea.

WowKeren - Suga BTS (Bangtan Boys) kembali merilis karya solo berupa mixtape di bawah nama Agust D. Mixtape bertajuk "D-2" itu dirilis pada Jumat (22/5) dengan memuat title track berjudul "Daechwita".

Di hari yang sama, Time mempublikasikan wawancara dengan Suga. Di sini, musisi kelahiran 1993 tersebut membicarakan mixtape terbarunya, identitas seorang Agust D serta alasan menggunakan alat musik tradisional Korea.


"Tema "Daechwita" sudah ada di pikiranku ketika aku mulai menggarap track ini, jadi aku membuat sample suara "Daechwita" yang asli," kata Suga. "Pikiran pertama yang aku miliki adalah bahwa aku ingin membuat sample musik yang diputar selama upacara berjalan Raja, jadi secara alami, elemen Korea akhirnya menjadi komponen penting untuk track serta video musiknya."

Saat ditanya apa perbedaan mixtape yang dirilisnya baru-baru ini dan empat tahun lalu, Suga menjawab, "Hidupku sama. Cara saya bekerja dan pola sehari-hari belum banyak berubah. Mungkin posisiku dalam industri musik? Dari sudut pandang musisi, perubahan bisa jadi aku mendapatkan hasil yang cukup baik dengan album BTS atau dengan karya eksternal lainnya. Secara pribadi, aku menjadi lebih dewasa dibandingkan tahun 2016."

Suga telah berkolaborasi dengan berbagai artis tahun ini, muncul di album Halsey, merilis single baru dengan IU, dan sekarang mengajak MAX, NiiHWa, Kim Jong Wan dan RM (Rap Monster) untuk proyeknya sendiri. Ia pun ditanya apa standar sukses proyek kolaborasi baginya.

"Aku bersyukur bahwa semua orang memiliki hal-hal baik untuk dikatakan tentang musikku, terutama Kim Jong Wan dari NELL yang mengatakan padaku bahwa dia menikmati mixtape pertamaku dari 2016. Filosofi kerjaku adalah 'apa yang baik adalah baik', jadi aku pikir aku cukup pandai leveling dengan standar masing-masing individu," ujar Suga.

Sedangkan saat ditanya perbedaan Agust D sang rapper solo dengan Suga sang member BTS, ia berkata, "Perbedaannya adalah bahwa ada lebih banyak yang dapat aku ungkapkan secara terbuka dan bahwa aku dapat menunjukkan sisi yang lebih mentah dari diriku (lewat Agust D). Yang serupa adalah keduanya menyanyikan mimpi dan harapan."

(wk/dewi)

You can share this post!

Related Posts