8 Tips Makeup Ini Bisa Membuatmu Tampil Cantik dan Segar Saat Memakai Masker, Terapkan Sekarang!
Lifestyle

Agar makeup lebih tahan lama dan tidak mudah luntur saat menggunakan masker, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren -

Demi meminimalisir penyebaran virus Corona, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Tapi ada satu permasalahan yang harus dihadapi para wanita saat menggunakan masker. Yakni riasan yang rusak dan luntur karena menempel di bagian dalam masker. Saat itu terjadi, kamu mungkin akan merasa sedikit kesal dan bete.

Padahal kamu pastinya ingin tetap tampil cantik dengan riasan meski sedang menggunakan masker. Terutama saat merayakan lebaran bersama keluarga pada Minggu (24/5) besok. Tapi sebaiknya tetap tenang dan jangan khawatir. Sebab ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat riasan tahan lama meski sedang menggunakan masker. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.


(wk/eval)

1. Jangan Lewatkan Penggunaan Skin Care


Jangan Lewatkan Penggunaan Skin Care

Agar riasan bertahan lebih lama, sebaiknya jangan pernah lewatkan penggunaan skin care setiap hari ya. Rutinitas ini juga diperlukan untuk membuat kulit wajah tetap sehat dan terawat.

Kamu bisa mulai dari tahap eksfoliasi dan hidrasi dengan toner atau essence lalu gunakan serum dan kirm mata. Setelah itu, gunakan day cream dengan kandungan SPF minimal 30 agar kulit terlindung dari bahaya sinar UV. Terakhir, gunakan night cream saat malam agar kulit terasa lebih lembab dan kenyal keesokan harinya.

2. Pakai Pelembab yang Tidak Lengket dan Jangan Gunakan Complexion Secara Berlebihan


Pakai Pelembab yang Tidak Lengket dan Jangan Gunakan Complexion Secara Berlebihan

Sebelum mulai merias wajah, terlebih dahulu oleskan pelembab pada kulit wajah. Hal ini bertujuan agar riasan kamu bisa menempel dengan sempurna dan hasilnya terlihat lebih flawless. Usahakan untuk menggunakan pelembab yang tidak berminyak dan meninggalkan rasa lengket. Setelah itu tunggu pelembab meresap dengan sempurna sebelum menggunakan makeup.

Selain itu, sebaiknya hindari penggunaan complexion secara berlebihan. Karena jika terlalu tebal, riasan akan lebih cepat luntur. Untuk mengakalinya kamu bisa menggunakan foundation yang matte dan aplikasikan di wajah secara merata. Tapi bagi kamu yang tidak memiliki terlalu banyak imperfection, lebih baik gunakan cushion atau CC Cream saja.

3. Gunakan Setting Spray dan Primer


Gunakan Setting Spray dan Primer

Setting spray mungkin terdengar simpel, namun manfaatnya cukup menakjubkan karena bisa membuat riasanmu lebih tahan lama. Karena itu, pastikan untuk selalu menyemprot setting spray pada wajah dengan jarak 15-20 centimeter sebelum mulai mengaplikasikan makeup.

Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan primer saat wajahmu sudah lembab dan siap dirias. Pengaplikasian primer dapat melindungi kulit dari paparan makeup sekaligus membuat kulit jadi lebih halus. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah mengaplikasikan makeup dan riasan pun akan tahan lebih lama.

4. Fokus Pada Riasan Mata


Fokus Pada Riasan Mata

Karena sebagian wajah tertutup oleh masker, ada baiknya untuk memfokuskan riasan di area mata. Rias bagian mata sedemikian rupa agar tampak lebih cantik dan menonjol. Kamu bisa memulainya dengan memulaskan concealer tipis-tipis di bagian bawah mata agar tidak terlihat kusam.

Setelah itu, buat mata tampak lebih menarik dengan mengaplikasikan eyeshadow warna tertentu. Seperti peach, marun, shimmer atau smokey eyes. Terakhir jangan lupa untuk mengaplikasikan eyeliner dan maskara di bulu mata bagian atas dan bawah agar tampak lebih cantik.

5. Gunakan Bedak Tabur


Gunakan Bedak Tabur

Langkah selanjutnya adalah gunakan bedak tabur transparan di seluruh wajah. Bedak jenis ini bisa membuat makeup tak mudah luntur dan menempel di masker. Ulangi langkah ini hingga dua kali untuk memastikan riasanmu awet dan tahan lebih lama.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan translucent powder. Penggunaannya diketahui dapat meminimalisir transfer warna foundation pada masker yang kita gunakan. Saat mengaplikasikannya gunakan powder brush lalu sapukan pada wajah secara perlahan sampai merata.

6. Terapkan Teknik 'Igari Blush On'


Terapkan Teknik 'Igari Blush On'

Meskipun menggunakan masker, jangan lupa untuk membubuhkan blush on dan bronzer di area pipi. Pilih produk blush on dan bronzer yang matte dan hindari produk yang memiliki glitter. Dengan begitu, wajahmu akan tampak lebih segar merona meski tertutup masker.

Saat mengaplikasikan blush on dan bronzer, sebaiknya gunakan teknik igari blush on. Pertama, aplikasikan cheek cream di pipi hingga area bawah mata. Setelah itu tambahkan powder blush on di area yang sama menggunakan kuas blush.

7. Perhatikan Hal Ini Saat Menggunakan Lipstik


Perhatikan Hal Ini Saat Menggunakan Lipstik

Saat menggunakan masker, lipstik sering menempel yang membuatnya tidak higienis. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya gunakan liptint yang dioleskan secara tipis pada bibir. Kalau perlu, gunakan juga lipbalm berwarna untuk menghidrasi bibir tanpa membuatnya terlihat pucat.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lip cream matte untuk menghindari banyaknya transfer warna pada masker. Kamu bisa memilih warna natural, pink salmon, nude hingga peach. Dengan begitu, warna bibir kamu akan bertahan lebih lama dan saat masker dilepas, kamu akan tetap tampil mempesona.

8. Lakukan Penguncian Dua Kali


Lakukan Penguncian Dua Kali

Langkah terakhir yang tak kalah penting adalah dengan melakukan penguncian dua kali. Caranya adalah dengan mengunci pulasan makeup menggunakan setting spray untuk yang kedua kalinya. Semprot wajah dengan setting spray dan biarkan mengering sebelum menggunakan masker kain. Dengan begitu, makeup kamu akan tahan lama dan tidak mudah bergeser.

Demikian delapan tips menggunakan makeup agar lebih tahan lama saat memakai masker. Simak juga artikel ini untuk mengetahui ide kegiatan menyenangkan saat merayakan lebaran di rumah bersama keluarga. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips agar tetap sehat dan bugar selama lebaran.

You can share this post!

Related Posts