Birthday Spotlight: Happy Taeyang Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Taeyang berulang tahun ke-32 (menurut perhitungan internasional) pada 18 Mei. Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas perjalanan karier musisi kelahiran 1988 tersebut.

WowKeren - Taeyang Big Bang berulang tahun ke-32 (menurut perhitungan internasional) pada 18 Mei. Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk mengulas perjalanan karier musisi kelahiran 1988 tersebut.

Taeyang dilahirkan dengan nama Dong Young Bae di Uijeongbu, Gyeonggi-Do. Ia menggunakan nama panggung SOL ketika tampil di Jepang.


Setelah muncul dalam video musik Jinusean "A-yo", Taeyang menjadi trainee YG Entertainment pada usia 12 tahun. Enam tahun kemudian tepatnya pada 2006, ia debut bersama Big Bang. Ia menjadi bagian dari salah satu grup digital terlaris sepanjang masa di Asia dan salah satu boy band terlaris di dunia.

Taeyang menikahi aktris Min Hyo Rin pada 2018 dan telah menyelesaikan dinas militernya. Saat ini ia siap memulai karier musiknya yang tertunda selama hampir dua tahun. Yuk intip seperti apa perjalanan karier Taeyang mulai pra debut hingga kini!

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Taeyang sangat menyukai bermain piano di mana ia menikmati musik klasik yang digubah oleh Ludwig van Beethoven dan Franz Schubert. Ketika keluarganya mulai berjuang secara finansial, ia merasa perlu mencari pekerjaan untuk membantu mendukung mereka di usia muda. Setelah menang audisi saat kelas enam, ia tampil di video musik Jinusean "A-yo" dan terpesona dengan musik hip hop.

Taeyang bertemu dengan Yang Hyun Suk, CEO YG Entertainment dan memohon kesempatan untuk menjadi penyanyi tapi tidak mendapat jawaban. Taeyang pergi ke kantornya secara pribadi dan diberi kesempatan untuk mengikuti audis. Ia berhasil dan diterima sebagai trainee di mana ia bertemu G-Dragon.

Taeyang menghabiskan beberapa tahun pertama sebagai trainee membersihkan studio untuk artis-artis lain di perusahaan dan mengambilkan botol-botol air selama latihan tari, kemudian mengakui bahwa artis saat itu pada saat itu tidak ramah terhadapnya atau G-Dragon. Pada 2003, ia mengisi rap dalam "Player" Wheesung.

Taeyang awalnya dijadwalkan debut bersama G-Dragon sebagai duo hip hop GDYB, tapi dibatalkan oleh YG. Sebagai gantinya, mereka bergabung dengan T.O.P, Daesung, Seungri dan Hyunseung untuk membentuk grup Big Bang. Namun sebelum debut, Hyunseung dikeluarkan dan formasi terakhir mereka terdiri dari lima member. Taeyang memilih nama panggungnya karena "matahari adalah bintang paling terang dari bintang-bintang yang tak terhitung di alam semesta."

2. Debut


Debut

Taeyang bersama Big Bang mengadakan debut resmi mereka pada 19 Agustus 2006 di Olympic Gymnastics Arena di Seoul selama Konser Peringatan 10 Tahun YG Family, yang disiarkan bulan berikutnya. Single pertama mereka "Big Bang", yang dirilis tak lama kemudian, berisi lagu-lagu "We Belong Together", menampilkan Park Bom, "A Fool's Only Tears" dan "This Love", sebuah adaptasi dari lagu band rock Amerika Maroon 5, ditulis ulang dan dilakukan oleh G-Dragon.

Single "Big Bang" terjual hampir 40.000 kopi. Single kedua, "BigBang Is V.I.P", dirilis pada bulan September, akhirnya terjual sebanyak 32.000 kopi. Single terakhir mereka, "Bigbang 03", diikuti, dengan penjualan akhir mendekati 40.000 kopi.

Big Bang menerima penghargaan "New Artist of the Month" untuk Oktober di Penghargaan Musik Digital Cyworld 2006. Pada Desember, grup mengadakan konser pertama bertajuk "The Real" di Olympic Gymnastics Arena yang dihadiri 12.000 penggemar. Album debut mereka terjual lebih dari 110.000 kopi.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Sebagai member Big Bang, Taeyang menjadi semakin dikenal setelah merilis album lengkap "Always" pada 2007. Album ini menandai beberapa perubahan untuk grup. Meskipun mereka sebelumnya melibatkan diri dengan menulis dan komposisi lagi, grup mengambil kontrol kreatif lebih banyak atas musik mereka, menjauh dari akar hip-hop mereka.

G-Dragon membuat dan menulis sebagian besar lagu, termasuk single utama "Lies". Album juga melihat pengenalan musik elektronik untuk Big Bang. Resepsi cukup positif, terutama untuk lagu "Lies", yang oleh para kritikus digambarkan sebagai "gebrakan". Dirilis sebagai lead single, "Lies" menjadi hit pertama mereka dan album terjual lebih dari 120.000 kopi.

"Lies" memuncaki tangga lagu musik selama enam minggu, menjadi lagu pertama yang memenangkan penghargaan Song of the Month dari Cyworld Digital Music Awards selama dua bulan berturut-turut. Lagu tersebut juga mengumpulkan penjualan bulanan tertinggi dalam sejarah Cyworld, dengan lebih dari 200.000 kopi terjual pada September. Setahun kemudian, Taeyang melakukan debut solo.

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Taeyang debut solo melalui album "Hot" pada Mei 2008. Untuk mendukung albumnya, ia juga menggelar konser solo pertamanya, "Hot Concert Series". Taeyang kemudian menerima dua penghargaan dari Penghargaan Musik Korea ke-7: Lagu R&B / Soul Terbaik untuk "Only Look at Me" dan Album R&B / Soul Terbaik untuk "Hot".

Taeyang comeback solo pada 2009 dengan merilis dua single digital yaitu "Where U At" dan "Wedding Dress". Album penuh pertama Taeyang, "Solar" dirilis pada Juli 2010. Taeyang memenangkan penghargaan "Best Male Artist" di Mnet Asian Music Awards 2010.

Single ketika Taeyang "Ringa Linga" dirilis pada November 2013, sebelum album keduanya "Rise" (2014). "Eyes, Nose, Lips" dalam album adalah single dengan performa terbaik kedua di Korea Selatan. Taeyang kemudian memulai "Rise World Tour" untuk mendukung album, mengunjungi 9 negara dan 16 kota di Asia mulai Agustus 2014 dan berakhir pada awal 2015 dengan lebih dari 100.000 penggemar.

Album studio ketiga Taeyang, "White Night", dirilis pada 16 Agustus 2017. Pada September, diumumkan bahwa Taeyang akan muncul di program audisi survival JTBC "Mix Nine" sebagai juri. Taeyang juga menjadi salah satu pemeran program variety tvN, "Livin' the Double Life" bersama dengan CL dan Oh Hyuk.

Taeyang memulai 21 bulan wajib militernya pada 12 Maret 2018 dengan memasuki kamp pelatihan Divisi Infanteri ke-6 di Cheorwon, Provinsi Gangwon sebagai seorang tentara yang aktif. Ia menyelesaikan dinas militernya pada 10 November 2019 bersama dengan Daesung.

5. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara

Taeyang merupakan satu-satunya member Big Bang yang diyakini bersih dari skandal. Alih-alih skandal, kehidupan asmaranya bersama Min Hyo Rin lebih menyedot perhatian publik.

Kisah Taeyang dan Min Hyo Rin terdengar seperti dalam film romantis. Keduanya dikatakan telah jatuh cinta pada 2014, setelah Min Hyo Rin membintangi video musik untuk lagu solo Taeyang "1AM". Mereka mengumumkan hubungan pada 2015 dan menikah pada 3 Februari 2018. Min Hyo Rin adalah wanita pertama yang Taeyang pernah kencani.

Selama bertahun-tahun, pasangan ini telah menarik kekaguman dan kecemburuan tanpa henti atas komitmen mereka yang stabil dan tidak berubah satu sama lain. Secara khusus, Taeyang tidak pernah menghindar dari mengungkapkan perasaannya secara terbuka kepada Min Hyo Rin, sering membuat pernyataan publik tentang cintanya.

Taeyang tidak merahasiakan fakta bahwa Min Hyo Rin sering dijadikan inspirasi untuk musiknya. Secara terbuka merujuk padanya sebagai muse, dia mengkonfirmasi bahwa aktris itu ada di pikirannya ketika ia mengerjakan album "White Night".

Dalam dokumenter terbarunya, Taeyang menjelaskan alasan yang membuatnya yakin menikahi Min Hyo Rin, "Bahkan sekarang, dia adalah satu-satunya orang yang terus mengubahku sebagai pribadi. Dan kupikir perubahan itu selalu membuatku menjadi orang yang lebih baik, lebih sempurna. Jadi aku berpikir, 'Ah, aku harus menghabiskan sisa hidupku bersama orang ini.'"

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Taeyang merilis dokumenter bertajuk "White Night" akan mengikuti penyanyi itu selama 215 hari sebelum mendaftar ke militer. Pemirsa diajak mengintip ke belakang layar produksi dan rilis album solo Taeyang 2017 "White Night", tur solonya berikutnya.

Tahun ini Taeyang dikabarkan akan comeback bersama Big Bang setelah semua member menyelesaikan dinas militer mereka. Billboard melaporkan bahwa seorang sumber dari YG Entertainment mengungkapkan bahwa saat ini Big Bang sedang menggarap album baru.

Masih menurut sumber tersebut, Big Bang siap comeback berempat usai Seungri keluar dari grup. Mereka juga dipastikan akan tampil di Coachella, tapi ditunda karena pandemi COVID-19.

You can share this post!

Related Posts