Tertular Cerpelai, Dua Orang di Belanda Dinyatakan Positif Corona
Dunia

Pemerintah Belanda melaporkan adanya 2 kasus baru virus corona yang ditularkan oleh hewan cerpelai. Peristiwa ini merupakan yang pertama kali terjadi selama pandemi beberapa bulan terakhir.

WowKeren - Virus corona (COVID-19) dari awal penyebarannya kerap disebabkan karena sifat virus yang zoonosis (berasal dari hewan kemudian menular ke manusia). Adapun hewan yang diduga dapat menularkan virus corona ke manusia adalah kelelawar dan trenggiling.

Namun, baru-baru ini hewan cerpelai dilaporkan telah menginfeksi dua orang di Belanda. Kasus ini merupakan yang pertama kali terjadi selama pandemi terjadi.

Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten dalam suratnya kepada parlemen, yang merinci dua kasus penularan ini menyebutkan bahwa cerpelai yang membawa virus corona itu ditemukan di empat lokasi peternakan dari total 155 peternakan di Belanda, tempat cerpelai dibiakkan untuk bulu mereka.

Schouten mengatakan risiko penularan virus dari hewan ke manusia semacam ini di luar peternakan “dapat diabaikan”. "Dari empat peternakan yang dilaporkan terinfeksi, tiga di antaranya telah terbukti bersumber dari manusia yang sakit, sementara peternakan yang keempat masih dalam penyelidikan", kata Schouten.


Direktur Institut Kesehatan Belanda (RIVM) Jaap van Dissel mengatakan kasus penularan dari cerpelai ke manusia adalah kasus yang unik. Pasalnya, selama ini kasus yang kerap ditemui adalah penularan virus dari manusia ke hewan mamalia lain seperti kucing dan anjing yang merupakan peliharaan manusia.

“Ini pertama kalinya kami menemukan, atau setidaknya kami telah menunjukkan bahwa kemungkinan besar dua kasus, penularannya berasal dari binatang ke manusia,” kata Dissel sewaktu bersaksi di parlemen, Senin (25/05). “Tentu saja sumber asli infeksi di Tiongkok kemungkinan besar juga berasal dari hewan.”

Perlu diketahui, terdapat Undang-undang yang melarang peternakan cerpelai di Belanda yang telah disahkan pada tahun 2013, dan sisa peternakan lain akan berhenti beroperasi pada tahun 2023 mendatang.

Sementara itu, hingga kini, worldofmeter mencatat terdapat 45.445 kasus positif virus corona di Belanda. Dengan jumlah korban meninggal sebanyak 5.830 dan 0 yang sembuh.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait