Bukan Sutradara, Mira Lesmana Jelaskan Profesi yang Sebenarnya
Instagram/mirles
Film

Mira Lesmana mengaku banyak orang yang salah menganggapnya sebagai seorang sutradara. Mira pun mengaku bahwa dirinya bukanlah sutradara dan menjelaskan profesi yang sebenarnya.

WowKeren - Mira Lesmana merupakan salah satu wanita berpengaruh di industri perfilman Tanah Air. Namanya pun sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, khususnya para penikmat film. Namun rupanya banyak orang yang masih belum paham soal peran Mira Lesmana.

Banyak masyarakat awam yang menganggap bahwa Mira Lesmana memiliki profesi sebagai seorang sutradara. Tapi rupanya, hal tersebut disanggah oleh Mira. Meski begitu, Mira mengakui bahwa banyak orang yang salah menganggapnya sebagai seorang sutradara.


Lewat obrolannya dengan Luna Maya, Mira pun mengaku hanya pernah satu kali saja menjadi sutradara untuk film layar lebar. Selebihnya, istri Mathias Muchus itu mengaku lebih nyaman bekerja sebagai seorang produser film.

"Iya, kadang-kadang orang juga bingung ya. Banyak banget yang mengira kalau aku ini juga sutradara, jadi sering banget dibilang aku ini sutradara," ungkap Mira dalam video yang diunggah di channel YouTube Luna pada Jumat (29/5). "Aku memang pernah jadi sutradara. Tapi cuma sekali buat di layar lebar. itu waktu tahun 98 buat film "t=Kuldesak]".

Mira mengaku merasakan ada kesalahpahaman yang sudah berlangsung lama di masyarakat Indonesia, terkait profesi produser flm. Produser kerap dikaitkan dengan orang berduit yang membiayai produksi sebuah film. Mira pun menjelaskan bahwa peran seorang produser film lebih dari itu.

"Aku memang merasa bahwa producing itu is a big missconception di Indonesia. Karena dulu di tahun 80 90-an, kata produser itu lebih dikenal sebagai cukong. Kalau dia punya duit, dia bisa bikin film dan dia bisa jadi produser. Tapi it's actually a lot more than that. Bener-bener sebuah pekerjaan yang membutuhkan intensitas tinggi sebenarnya dan pengetahuan yang juga luas tentang film itu sendiri jadi bukan. masalah pendanaan itu cuma salah satu saja.

Produser itu orang pertama yang masuk kedalam sebuah produksi film. Dia bahkan yang menentukan jalannya produksi film. Dia yang menentukan ok ini bisa didanai, kemudian bisa diproduksi dan dia kemudian mencari seluruh krunya. Terutama adalah penulis dan sutradara, sampai proses syuting nya. Tapi yang paling penting dia juga harus memastikan film itu terpromosikan dengan baik sampai ke bioskop dan ditonton oleh khalayak ramai. Jadi dia orang yang pertama masuk dia yang terakhir keluar," pungkas Mira Lesmana.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts