Tagar 'UNS Bohong' Trending Usai Rektor Sebut Siap Lanjutkan Kuliah Daring Walau New Normal
Nasional
Skenario New Normal COVID-19

Tagar #UNSBohong bergema di Twitter pada Jumat (29/5) malam, menyusul keluhan mahasiswa yang menilai sistem perkuliahan daring tak efektif, berbeda dengan pernyataan sang rektor.

WowKeren - Saat ini kegiatan belajar mengajar, baik di tingkat sekolah maupun kuliah, terpaksa diubah menjadi daring. Langkah ini ditempuh demi meminimalisir penularan wabah virus Corona di lingkup sekolah atau universitas.

Namun kekinian pemerintah mulai menggaungkan kebijakan "New Normal" yang notabene mengizinkan masyarakat beraktivitas seperti sebelum pandemi merebak, termasuk kuliah. Tetapi ternyata perubahan tatanan hidup ini tak membuat Universitas Sebelas Maret (UNS) berniat meninggalkan kegiatan kuliah daring.


Rektor UNS, Prof Dr Jamal Wiwoho menilai sistem perkuliahan daring seperti saat ini justru semakin dekat dengan pelaksanaan Revolusi Industri 4.0. Jamal sendiri menilai sistem perkuliahan daring cukup efektif sehingga tak masalah bila diperpanjang.

"Kebijakan new normal justru mendekatkan diri pada Revolusi Industri 4.0. Semua kuliah, ujian, pelantikan, pengukuhan menggunakan sistem daring," kata Jamal pada Kamis (28/5), seperti dilansir dari Kumparan. "Bila sudah aman, maka bisa kembali sediakala."

Pernyataan sang rektor pun belakangan menjadi pembicaraan panas di kalangan mahasiswa. Bermula dari keluhan yang disampaikan seorang warganet, belakangan topik ini semakin panas dibahas dan menyebabkan tagar #UNSBohong menjadi trending topic Indonesia pada Jumat (29/5).

Tak hanya mengkritik pernyataan sang rektor, mahasiswa juga menyoroti perihal uang kuliah tunggal (UKT) yang tetap harus dibayarkan secara penuh tiap semesternya. Sedangkan mereka menilai tak ada fasilitas yang didapat, bahkan uang ganti biaya akses internet pun dirasa masih kurang.

"Disaat anak anaknya ngeluh soal kuliah daring.. si bapak malah bilang cukup efektif~" cuit @11M*****em. "Apalagi klo semester depan bayar ukt nya masih ada beberapa yg bayar full, duit mahasiswa pada dibawa ke mana pak..??"

Dipantau pada Jumat pukul 21.46 WIB, tagar ini berada di posisi kedua trending topic Indonesia. Tagar itu pun dipenuhi kritikan mahasiswa UNS yang merasa pernyataan sang rektor tak sejalan dengan fakta di lapangan.

Tagar \'UNS Bohong\' Trending Usai Rektor Sebut Siap Lanjutkan Kuliah Daring Walau New Normal

Twitter

"Sama sekali tidak efektif," kata @ber*****ou. "Jujur ya, selama kuliah daring aku gak paham materi perkuliahan. selain itu, sampe skrg blm ada kejelasan uns masuknya kapan. sedangkan bulan depan rata rata kosan udh pada minta dibayar."

"Tolong pak sekali aja ni nurutin anaknya. Diusahakan smt depan ukt dipotong plis. Oh ya, fyi aja pulsa 50k per bulan jg ga sebanding buat perkuliahan pak hehe. #UNSbohong," imbuh @Al*****wu.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts