Monyet Curi Sampel Darah COVID-19 dari Petugas Lab, Warga Was-Was Takut Tertular
Dunia

Usai menyerang petugas lab, seekor monyet tersebut berhasil kabur dengan membawa sampel darah milik pasien yang terinfeksi COVID-19 lalu memanjat ke pohon.

WowKeren - Seekor monyet menyerang petugas laboratorium di kampus sekolah kedokteran di India. Monyet tersebut berhasil melarikan diri dengan membawa tiga sampel darah pasien yang terinfeksi virus corona.

Insiden tersebut direkam oleh petugas lab yang bersangkutan. Setelah menyerang dan berhasil dengan membawa sampel darah pasien, monyet tersebut lalu memanjat pohon. Dalam video yang beredar itu, terlihat jika monyet juga menggerogoti benda-benda di sekitarnya seperti sarung tangan bedah.

Dilansir dari laman Live Science, insiden itu terjadi beberapa hari lalu di Lala Lajpat Rai Memorial Medial College, Uttar Pradesh, India Utara. Aksi liar monyet ini membuat penduduk setempat khawatir akan risiko tertular COVID-19, sebagaimana dilaporkan oleh India Today. Hingga kini, negara bagian Uttar Pradesh telah mencatat sedikitnya 7.170 kasus COVID.

Beberapa kejadian menunjukkan jika manusia bisa menularkan virus corona ke hewan. Seperti yang terjadi April lalu, dimana lima ekor harimau dan tiga ekor singa di Kebun Binatang Bronx New York dinyatakan positif corona.


Satwa malang tersebut terinfeksi virus dari petugas kebun binatang yang positif corona namun tanpa gejala. Sementara itu, 2 ekor kucing peliharaan di Amerika Serikat juga dilaporkan positif corona yang kemungkinan berasal dari kontak dengan orang-orang.

Kepala Sekolah Dr. S.K. Garg menekankan jika yang dicuri monyet tersebut adalah sampel darah, bukan air liur pasien atau cairan tenggorokan. Ia mengatakan jika hingga kini belum ada bukti jika hewan apapun itu termasuk kera, dapat terinfeksi virus corona melalui kontak dengan darah dari orang yang terinfeksi.

"Ini adalah sampel darah yang diambil dari pasien COVID-19 selama perawatan rutin," kata Garg. Virus corona dapat menyebar melalui droplet yang terkontaminasi virus maupun melalui aerosol yang mengandung partikel virus.

Menindaklanjuti insiden ini, pihak berwenang tengah melakukan penyelidikan. Saat ini, petugas lab tersebut tengah dimintai keterangan tentang aksinya yang justru merekam insiden tersebut, alih-alih melaporkan pencurian ke petugas rumah sakit.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait