Kasus COVID-19 Menurun, Arab Saudi Siap Buka Masjid Nabawi
Dunia

Arab Saudi mencatat jumlah kasus corona (COVID-19) terus mengalami penurunan setiap harinya hingga pemerintah kian mantap untuk memutuskan melonggarkan lockdown.

WowKeren - Pemerintah Arab saudi mengumumkan akan membuka kembali Masjid Nabawi di Madinah untuk umum. Hal itu rencananya akan berlaku mulai hari ini, Minggu (31/5).

Masjid-masjid yang ada di seantero kerajaan juga akan dibuka namun tidak termasuk untuk masjid yang berlokasi di Mekkah. Langkah ini seiring dengan pelonggaran pembatasan jam malam yang dilakukan untuk menekan penyebaran virus corona (COVID-19).

Menteri Urusan Keagamaan Abdullatif bin Abdulaziz Al-Sheikh mengumumkan pada Jumat (28/5) jika masjid-masjid tersebut telah melakukan persiapan untuk kembali menyambut para jamaah. Hal itu disampaikan olehnya usai meninjau ke lokasi terkait persiapan yang diperlukan.

"Sepanjang pemeriksaan, kami melihat masjid-masjid telah selesai melakukan persiapan dan berada dalam kondisi terbaik," kata dia seperti dilansir dari Arab News, Minggu (31/5).


Arab Saudi yang mencatat kasus COVID-19 pertama pada Maret lalu kini secara keseluruhan telah melaporkan lebih dari 83 ribu kasus positif. Dibanding Indonesia, tingkat kematian di sana jauh lebih rendah.

Dari 83 ribu lebih kasus, jumlah kematian dilaporkan hanya sekitar 480 pasien. Sementara itu, jumlah kasus harian tercatat terus mengalami penurunan selama lebih dari satu minggu terakhir.

Arab Saudi menerapkan tiga macam skenario untuk menyambut new normal. Pemerintah di sana terus mendorong warganya untuk terus ketat menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Misalnya jaga jarak, memakai masker di lingkungan publik, serta menjaga kebersihan tangan.

Pemerintah optimis jika semua sektor mampu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Oleh sebab itu, pemerintah telah mantap untuk melonggarkan lockdown di negaranya. Selain itu juga, hal ini didukung oleh kesiapan Arab Saudi yang memiliki stok memadai untuk komoditas alat kesehatan penting seperti hand sanitizer, masker, dan sarung tangan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait