Unik, Begini Cara Warga Italia Selebrasi Rayakan Berakhirnya Lockdown
Reuters/Jennifer Lorenzini
Dunia
Pandemi Virus Corona

Pemerintah Italia telah mencabut aturan lockdown beberapa waktu lalu. Keputusan tersebut langsung dirayakan masyarakat negara Spaghetti itu dengan cara unik ini. Seperti apa?

WowKeren - Pemerintah Italia telah mencabut aturan lockdown beberapa waktu lalu. Keputusan ini diambil setelah kasus virus corona (COVID-19) di negara tersebut mulai terkendali dan terus mengalami penurunan.

Sempat menjadi negara yang mencatat kasus COVID-19 hingga angka kematian tertinggi di dunia, kini Italia bersiap menyambut new normal. Italia bahkan telah mengumumkan akan mulai membuka pariwisata untuk turis asing mulai 3 Juni 2020 mendatang.


Sementara untuk bar, restoran, pertokoan, salon, dan layanan keagamaan telah diizinkan buka sejak Senin (18/5) lalu. Sedangkan kegiatan ekonomi lainnya diperbolehkan untuk buka kembali pada Juni mendatang.

Meski Italia telah siap mencabut lockdown dan pembatasan, pemerintah tetap meminta masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol COVID-19. Diantaranya dengan selalu menjaga jarak (physical distancing), melakukan pembersihan menggunakan disinfektan, dan selalu menggunakan masker.

Tentunya, keputusan tersebut menjadi angin segar bagi masyarakat Negara Spaghetti itu. Mereka bahkan langsung merayakan pencabutan lockdown dengan beramai-ramai menikmati es krim asal Italia. Gelato sendiri merupakan kudapan khas Italia yang mengandung lemak lebih sedikit jika dibandingkan dengan es krim pada umumnya.

”Setelah lama tinggal di rumah, banyak (orang) yang memilih memakan es krim,” ujar komunitas Tani Coldiretti, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari AFP, Senin (1/6). “Bahkan selama sepekan saat makan siang.”

Sebanyak 39 ribu toko gelato di Italia ini seolah diselamatkan oleh warga yang menyerbunya. Hampir 240 ton es krim dikonsumsi pada akhir pekan lalu di Roma dan di sepanjang garis pantai Lazio.

Maklum, kebijakan lockdown yang berjalan selama tiga bulan membuat warga Italia tidak dapat menikmati gelato. Sementara es krim cone banyak dinikmati di perkotaan dan resor tepi laut.

Seperti yang diketahui, gelato tidak hanya dijadikan masyarakat Italia untuk merayakan pencabutan lockdown saja. Makan gelato juga menjadi penyelamat mereka di tengah suhu panas disana. Terlebih, Italia telah mencatatkan suhu terpanas sejak 1880 di tahun ini.

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts