Ilmuwan Inggris Ungkap Alasan Gagang Pintu Perlu Dilapisi Tembaga untuk Cegah Corona
Dunia
Pandemi Virus Corona

Ketika virus bersentuhan dengan permukaan tembaga, ion logam atau atom yang bermuatan listrik akan menyerang membran lipid virus yang berfungsi sebagai pelindung.

WowKeren - Para ilmuwan Inggris menyebut jika gagang pintu, pegangan tangan, serta troli belanja perlu diberi lapisan tembaga. Hal ini untuk mencegah penularan virus corona.

Sebab, gagang pintu maupun pegangan troli belanja yang terbuat dari kayu maupun plastik memungkinkan virus untuk bertahan di sana selama 3 hari. Sedangkan di permukaan tembaga, virus hanya bisa bertahan hingga 4 jam. Hal ini berkat sifat antibakteri yang dimiliki oleh logam.

Salah seorang ahli biologi senior di University of Southampton William Keevil mengatakan jika Inggris telah tertinggal dari negara-negara lain dalam menerapkan hal ini. "Pegangan pintu, troli belanja, pegangan tangan di angkutan umum, dan bahkan peralatan olahraga harus dilapisi logam," ucap Keevil seperti dikutip dari Dailymail, Senin (1/6).


Ketika virus bersentuhan dengan permukaan tembaga, ion logam atau atom yang bermuatan listrik akan menyerang membran lipid virus. Membran ini merupakan struktur tubuh virus yang berfungsi sebagai pelindung. Ketika membran ini tertembus maka tembaga akan menyerang sel dan menghancurkan DNA virus. Dengan kata lain, ini akan membunuh virus.

Ia mengatakan jika bus di Polandia memiliki pegangan tangan yang sudah dilapisi oleh tembaga. Begitu juga dengan bandara di Chile dan kios imigrasi Brasil yang juga dilapisi logam.

Virus corona menyebar melalui droplet yang disebarkan ketika seseorang yang membawa virus tersebut bersin atau pun batuk. Ketika orang tersebut menutup bersin atau batuk dengan tangan mereka maka partikel virus akan tertinggal di sana.

Kemudian, hal buruk akan terjadi ketika orang ini memegang sesuatu di tempat umum. Orang setelahnya yang menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus, berisiko untuk tertular jika mereka menyentuh bagian wajah terutama hidung dan mulut.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts