Kabar Baik, Indonesia Sudah Bisa Produksi Baju APD Berstandar WHO dan Berbahan Baku Lokal
Nasional
COVID-19 di Indonesia

APD yang telah lulus standar internasional tersebut bisa memberikan tingkat perlindungan tertinggi. APD tersebut terbuat dari bahan woven polyester yang tersedia di dalam negeri.

WowKeren - Indonesia kini telah dapat memproduksi alat pelindung diri (APD) sendiri untuk mendukung para tenaga medis yang merawat pasien COVID-19. APD buatan dalam negeri tersebut juga berkualitas internasional dan sesuai dengan standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Bahan-bahan untuk memproduksi APD tersebut pun seluruhnya berasal dari dalam negeri. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Gugus Tugas Nasional Doni Monardo.


"Saya bangga dan senang karena Indonesia dapat memproduksi sendiri kebutuhan alat kesehatan sebagai industrialisasi kesehatan di masa depan," jelas Doni dalam rilisnya pada Senin (1/6). "Indonesia mempunyai bahan baku yang dibutuhkan untuk industri kesehatan. Selama ini bahan baku yang selalu impor dapat diatasi dengan memanfaatkan bahan baku lokal."

Adapun APD produksi lokal tersebut telah berhasil mendapatkan sertifikasi yang diakui WHO. Untuk memperoleh sertifikasi tersebut, Gugus Tugas Nasional lewat tim pakarnya bekerjasama dengan sejumlah asosiasi pembuat dan pendukung produksi tekstil serta garmen.

Asosiasi yang dimaksud antara lain adalah Asosiasi Pertekstilan Indonesia, Asosiasi Produsen Serat dan Benang Filamen Indonesia (APSyFI) dan Indonesia Non-Woven Association (INWA). Produksi APD ini juga mendapat dukungan dari sekitar 30 lebih perusahaan.

"Di sinilah pentingnya kolaborasi pentaheliks dari dunia penelitian, para pakar bidang kesehatan serta lembaga usaha dalam melaksanakan produksi dan industrialisasi di bidang medis," terang Doni. Hingga kini, tercatat sudah ada 3 produk baju APD berbahan baku lokal dan dibuat dalam negeri yang mencapai standar internasional.

Produk tersebut adalah baju APD dari PT Sritex, PT SUM dan Leading Garmen serta PT APF dan Busana Apparel. Seluruhnya telah lolos uji standar ISO 16604 Class 2 bahkan lebih tinggi.

APD yang telah lulus standar internasional tersebut bisa memberikan tingkat perlindungan tertinggi. APD tersebut terbuat dari bahan woven polyester yang tersedia di dalam negeri.

APD yang terbuat dari bahan woven pun dapat dicuci dan digunakan kembali. Ketersediaan bahan di dalam negeri pun sangat besar, sehingga Indonesia tidak perlu mengimpor lagi.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts