Bioskop Indonesia Terapkan Kebijakan Baru untuk Sambut New Normal, Apa Saja?
Nasional
Skenario New Normal COVID-19

Tak hanya bagi para pengunjung, kebijakan dan protokol ini juga diterapkan untuk seluruh karyawan jaringan bioskop dalam menyambut New Normal. Simak rinciannya berikut ini.

WowKeren - Fase New Normal kini telah ramai diserukan di tengah pandemi virus corona (COVID-19). New Normal sendiri berarti semua kegiatan ekonomi, pendidikan, maupun sektor-sektor lain dalam kehidupan sudah dipersiapkan agar bisa kembali bergeliat, tak terkecuali bioskop.

Terkait hal ini, jaringan bioskop di Indonesia rupanya sudah mempersiapkan sejumlah prosedur dan kebijakan untuk menyambut New Normal. Salah satunya adalah dengan mengurangi jumlah penonton dalam satu studio.


CGV Cinemas misalnya, yang bersiap menerapkan social distance seating kala seluruh bioskop beroperasi kembali. Mereka juga memberlakukan standar protokol kebersihan yang ketat demi mencegah penularan COVID-19. Beberapa protokol yang sudah disiapkan di antaranya memastikan penggunaan masker bagi seluruh karyawan dan pengunjung bioskop.

Karyawan dan pengunjung juga akan melalui pengecekan suhu sebelum memasuki kawasan bioskop. Orang yang memiliki gejala batuk, pilek, dan terengah-engah akan dilarang masuk.

Bukan hanya itu, para karyawan juga akan dilengkapi alat pelindung diri (APD) kala bertugas. Para karyawan tersebut juga akan menjalani pengecekan kesehatan rutin dua pekan sekali dan dicatat dalam laporan atau sertifikasi.

Protokol serupa juga akan diberlakukan Cinema XXI. Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, Dewinta Hutagaol, mengatakan menjaga kebersihan dan kesehatan para karyawan dan penikmat bioskop sudah diberlakukan sejak akhir Januari 2020, termasuk kala bioskop tak beroperasi dalam beberapa bulan terakhir.

Dewinta mengatakan Cinema XXI menggunakan cairan desinfektan yang biasanya dipakai maskapai penerbangan internasional guna meminimalisasi risiko penyebaran virus corona.

Sementara itu, dilansir dari CNN pada Selasa (2/6), sejumlah jaringan bioskop di Indonesia memang tak lagi beroperasi selama pandemi global virus corona. Cinema XXI menutup 1.182 layar di 218 lokasi bioskop yang tersebar di 52 kota di seluruh Indonesia, ditutup untuk waktu yang belum ditentukan.

CGV juga menyatakan menutup semua lokasi bioskopnya sementara waktu mulai 31 Maret 2020 sebagai pencegahan penyebaran virus corona.

(wk/luth)

You can share this post!

Related Posts