Dispatch Pertanyakan Apakah Suga dan Big Hit Benar-benar Tidak Tahu Tentang Jim Jones
Musik
Kontroversi Mixtape Suga BTS

Dispatch meminta Big Hit untuk informasi lebih lanjut seperti apa peran Suga sebagai produser eksekutif mixtape. Tetapi mereka menerima respons yang sama. Dispatch kemudian memutuskan untuk melakukan invetigasi mereka sendiri.

WowKeren - Salah satu member Bangtan Boys, Suga beberapa waktu belakangan ini sedang menjadi pembicaraan hangat. Hal ini bermula ketika penggemar menemukan bahwa lirik salah satu mixtape Suga yang bertajuk "What Do You Think?" menggunakan potongan khotbah tentang bunuh diri massal dari Jim Jones.

Kembali pada tanggal 31 Mei, Big Hit Entertainment meminta maaf setelah publik meledakkan tentang lagu mixtape Suga tersebut. Big Hit Entertainment mengklaim mereka tidak tahu siapa pembicara khotbah tersebut.


Hal ini membuat Dispatch telah terjun ke industri pengambilan sampel Amerika Serikat. Hal ini dilakukan Dispatch untuk melihat apakah pernyataan Big Hit Entertainment tentang ketidaktahuan itu benar-benar valid.

Dispatch meminta Big Hit Entertainment untuk informasi lebih lanjut seperti apa peran Suga sebagai produser eksekutif mixtape, dan penjelasan tambahan dari Suga tentang masalah yang mungkin disebabkan oleh pengambilan potongan khotbah tersebut. Tetapi mereka menerima respons yang sama untuk setiap pertanyaan.

"Seperti yang kami nyatakan dalam pernyataan resmi kami sebelumnya. Sampel vokal khotbah dipilih oleh produsen lain tanpa maksud tertentu," ungkap perwakilan Big Hit.

Dispatch kemudian memutuskan untuk melakukan invetigasi mereka sendiri, dan menyelidiki dari sudut pandang pembuat konten. Pertama, untuk memasukkan pidato atau khotbah, seorang pencipta harus mencari di Splice. Splice adalah platform pengambilan sampel terbesar di Amerika Serikat, di mana produsen di seluruh dunia mendaftarkan sampel mereka sendiri, dan menjualnya kepada orang lain.

Pencarian untuk kata "pidato" dicoba oleh Dispatch, karena mereka berpikir "pidato" akan menjadi kata pertama yang mencari seseorang yang ingin memasukkan sampel pidato dalam lagu mereka. Dari 89 hasil, tidak satupun dari mereka termasuk Jim Jones.

Dispatch kemudian mencari kata kunci "agama", dan dua sample pack tersedia untuk digunakan. Dalam sample pack pertama, 103 sampel tersedia untuk digunakan. Dispatch secara khusus mencatat bahwa sampel #52 dan sampel #96 adalah dua sampel yang sama yang digunakan dalam pengantar "What Do You Think".

Dispatch kemudian mempertanyakan apakah tim produksi Suga tidak mengenal Jim Jones. Dispatch bertanya kepada Big Hit Entertainment apakah mereka mencari mencarinya dengan kata kunci di Splice, tetapi tidak ada tanggapan. Dispatch kemudian mencari Jim Jones di Splice, dan muncul dengan 1.366 hasil. Di luar dari paket sampel agama yang pertama, sample pack yang disebut "Vokal Antik: Twisted Religion" memiliki empat hasil termasuk Jim Jones.

Dispatch Pertanyakan Apakah Suga dan Big Hit Benar-benar Tidak Tahu Tentang Jim Jones

Dispatch

Dispatch kemudian membuat hipotesis lain yakni "Suga, EL CAPITXN, dan GHSTLOOP tidak tahu Jim Jones". Sesuatu mengganggu Dispatch dengan kemungkinan hipotesis itu. Ada deskripsi yang jelas tentang sample pack "Vocals Vintage: Twisted Religion" jadi apakah mereka bahkan tidak membaca hal-hal seperti deskripsi? Berikut ini adalah deskripsi pada paket sampel "Twisted Religion".

Dispatch Pertanyakan Apakah Suga dan Big Hit Benar-benar Tidak Tahu Tentang Jim Jones

Dispatch

"Twisted Religion dikemas dengan kutipan pidato, khotbah, aksi dan unjuk rasa yang bermuatan emosi - termasuk beberapa dari pemimpin sesat terkenal Jim Jones (seizin The Jonestown Institute)"

Big Hit Entertainment memasukkan dalam penjelasan mereka bahwa produser tidak tahu itu adalah Jim Jones, dan tidak tahu itu adalah sampel yang tidak pantas. Tetapi judul sample pack itu sendiri disebut "Twisted Religion", jadi Dispatch bertanya mengapa mereka tidak mencurigai sesuatu. Promosi utama BTS sekarang di Amerika Serikat, yang juga mewaspadai kultus.

Dispatch Pertanyakan Apakah Suga dan Big Hit Benar-benar Tidak Tahu Tentang Jim Jones

Dispatch

Bahkan nama Jim Jones ada pada judul sampel file audio (sm101_vv_jim_jones_on_reality.wav, sm101_vv_jim_jones_socialism_rant_01.wav). Jika Big Hit benar-benar tak tahu siapa Jim Jones, jika mencari Jim Jones di Google, ribuan contoh peristiwa mengerikan muncul.

Jim Jones dianggap sebagai pemimpin sekte terburuk Amerika Serikat. Pada November 1978, lebih dari 900 pengikutnya dikurung di daerah hutan terpencil di Amerika Selatan, dan menyebabkan bunuh diri massal. Ini adalah pembantaian terbesar dalam sejarah Amerika Serikat.

Intro "What Do You Think?" panjangnya 11 detik. Suara Jim Jones muncul dua kali, selama lima detik dan enam detik sekaligus. Dispatch melakukan penyelidikan dan menemukan file #52 dan #96 berisi baris yang sama seperti yang digunakan Suga.

Dispatch ingin mempercayai Suga. Produsen utama mixtape adalah Suga sendiri. Posisinya untuk mixtape bukan hanya bernyanyi. Dia juga terdaftar sebagai recording engineer untuk "What Do You Think". Peran recording engineer adalah untuk menentukan keseimbangan keseluruhan lagu selama perekaman.

Proses mastering juga bukan tanpa kesalahan. Mastering adalah tempat artis, komposer, engineer, dan tim A&R berkumpul untuk memeriksa suara dan kualitas lagu setelah memasuki paruh kedua produksi. Dispatch mempertanyakan mengapa mereka tidak mempertanyakan suara yang tidak dikenal yang didapatkan oleh produser lagu tersebut.

(wk/putr)

You can share this post!

Related Posts