Vietnam Digegerkan Oleh Virus DIV1 Usai 'Menang' Lawan Corona, Apa Itu?
Dunia

Otoritas kesehatan Vietnam menemukan adanya wabah virus baru, yakni DIV1, yang menyerang sektor tambak udang mereka. Padahal sektor itu merupakan salah satu penggerak roda perekonomian Vietnam.

WowKeren - Vietnam tentu menjadi salah satu yang akan disebut dalam daftar negara yang "sukses mengalahkan" wabah virus Corona. Bahkan hingga kini Vietnam, yang sudah mencabut kebijakan lockdown-nya belum menunjukkan tanda-tanda dibuat kalang kabut oleh gelombang kedua wabah.

Namun ternyata kini Vietnam justru dibuat geger oleh wabah virus lain, yakni Decapod Iridescent Virus 1 alias DIV1. Virus ini pun membuat ribuan udang mati mendadak, padahal sektor laut merupakan salah satu penggerak roda ekonomi Vietnam. Tentu hal ini belakangan membuat peternak udang dirundung kecemasan.

"Virus ini menakutkan petani udang," tutur Dai Jinzhi, salah satu peternak udang di Vietnam yang mendapati sekitar enam kolam tambaknya terinfeksi virus. "Seperti flu burung terhadap peternak unggas dan flu babi Afrika bagi mereka yang memelihara babi."

Dilansir dari South Morning China Post, para ilmuwan dari Akademi Ilmu Perikanan Tiongkok ertama kali mengidentifikasi virus misterius pada udang putih. Udang jenis ini merupakan spesies utama yang diternakkan di Tiongkok, tepatnya di Provinsi Zhejiang pada Desember 2014.


Namun virus ini menyebar lebih luas dan pada 2018 telah ditemukan di tambak undang serta tempat-tempat operasi pembibitan. Tak main-main, ada sekitar 11 provinsi yang terdampak oleh wabah virus ini.

Sebagai akibatnya, peternak udang seperti Dai Jinzhi, harus mengeringkan kandangnya. Alhasil dari 3,7 ton udang yang diternakkannya, kini tinggal tersisa 200 kilogram, membuatnya merugi sampai USD 14 ribu.

"Kita tidak bisa melakukan apa pun selain membuang udang dan menjualnya dengan harga murah," jelas Dai. "Lalu mengeringkan kolam dan membiarkannya menganggur selama setidaknya dua bulan."

Sejauh ini virus DIV1 tidak bisa menginfeksi seafood selain udang. Ciri-ciri udang yang terinfeksi virus ini seperti kepala putih dengan insang yang menguning. Selain itu cangkang dari udang yang sekarat akan memerah dan melunak, sehingga lambat laun akan kehilangan kemampuan untuk berenang.

Penyebaran wabah virus ini pun sudah dibenarkan oleh otoritas Vietnam. Namun mereka juga menegaskan virus tak ada tanda-tanda menular ke manusia sehingga masyarakat diminta tidak khawatir.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait