Bukan Bebas Corona, Pakai Masker Seperti Ini Justru Berdampak Buruk Bagi Kesehatan
Health

Pemaiakan masker di tengah pandemi virus Corona memang penting agar tidak tertular. Namun pemakaian yang salah justru berpotensi menyebabkan masalah kesehatan jajngka panjang.

WowKeren - Masker, baik bedah maupun kain, menjadi barang yang sekarang begitu lazim dikenakan orang. Pasalnya pandemi virus Corona menyebabkan setiap orang wajib menjalankan protokol kesehatan termasuk aktif mengenakan masker di luar ruangan.

Namun ternyata ada satu kondisi yang menyebabkan masker tak berguna untuk mencegah penularan Corona. Malah penggunaan masker yang salah ini berpotensi mengganggu kesehatan. Memang seperti apa?

Hal ini diungkap oleh seorang ahli bedah plastik dari Yale Medicine, Henry Hsia. Hsia yang juga merupakan Asisten Profesor di Sekolah Kesehatan Yale menyebut penggunaan masker memang efektif mencegah penularan Corona, asal tidak digunakan terlalu ketat atau akan mengganggu kesehatan.

"Semua barang yang digunakan terlalu ketat, baik perhiasan, alas kaki, pakaian dalam, dan dalam waktu yang lama, dapat berpotensi menimulkan iritasi dan trauma kecil di permukaan kulit," tutur Hsia dikutip dari Eat His, Not That! Health. "Bila dibiarkan dan diulang terus dalam waktu yang lama, dapat berpotensi menjadi kerusakan permanen di kulit."

Dilansir dari Journal of Wound Care, pemakaian masker yang begitu ketat dapat menyebabkan luka tekanan dan berujung pada rasa nyeri serta infeksi. Bahkan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan struktur tulang yang di dekat kulit, seperti tulang rawan hidung, berubah atau mengalami cedera.


Ahli bedah plastik dari New York dan Florida, Stephen T Greenberg, menyebut peningkatan tekanan dalam penggunaan masker sangat berbahaya bagi kesehatan. "Mulai dari infeksi, alergi permanen, penuaan dini lewat kerutan halus, semua masalah itu bisa Anda temui kalau menggunakan masker dengan tidak benar dalam jangka waktu panjang," tuturnya.

Mirisnya, situasi ini akan banyak ditemui pada para tenaga medis. Sebab mereka diharuskan memakai masker berlapis-lapis, termasuk N95 yang memang dirancang digunakan dengan sangat ketat, demi menghindari penularan virus Corona.

Jadi sangat penting memastikan masker yang digunakan sudah sesuai dengan kaidahnya supaya tidak menimbulkan masalah lebih lanjut. Selain itu wajah harus beberapa kali diistirahatkan dari penggunaan masker.

"Pastikan maskermu terpakai dengan baik dan nyaman. Jangan lupa beri jeda sejenak, sekitar 1 jam, untuk memastikan kulitmu mendapatkan waktu istirahat yang cukup (dari tekanan masker)," jelas Hsia.

Hsia pun mengizinkan apabila memang harus mengenakan masker dengan ketat dalam jangka waktu panjang. "Namun apabila merasakan iritasi maupun nyeri ketika menggunakan masker, benahi posisinya. Apabila masih ada masalah, lakukan konsultasi ke profesional," pungkasnya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait