BTS Beramal 14 Miliar untuk #BlackLivesMatter Tuai Pro Kontra Netizen Korea
Selebriti

Bersama dukungan mereka, BTS dan Big Hit Entertainment juga memberikan sumbangan besar. Namun besarnya jumlah sumbangan mereka menuai pro kontra dari netizen Korea.

WowKeren - BTS (Bangtan Boys) menunjukkan dukungan mereka untuk gerakan Black Lives Matter awal pekan ini melalui cuitan Twitter. Bersama dukungan tersebut, BTS dan agensi mereka Big Hit Entertainment juga memberikan sumbangan besar.

Pada 6 Juni waktu setempat, Big Hit Entertainment mengonfirmasi bahwa BTS dan agensi telah menyumbangkan USD 1 juta (sekitar 1,2 miliar won atau Rp 14 miliar) kepada Black Lives Matter. Menurut sebuah laporan oleh Variety, BTS dan Big Hit "tidak diharapkan untuk mengomentari donasi."

Awal minggu ini, BTS menyatakan dukungan mereka untuk gerakan Black Lives Matter melalui sebuah pos di akun Twitter resmi mereka, yang menyatakan, "Kami menentang diskriminasi rasial. Kami mengutuk kekerasan. Kau, aku dan kita semua memiliki hak untuk dihormati. Kita akan berdiri bersama."

Banyak netizen yang bangga dengan keputusan BTS menyumbang dengan jumlah sebesar itu. Namun beberapa netizen membandingkan jumlah sumbangan mereka untuk pencegahan virus Corona di Korea dan memberikan komentar negatif.

"Mereka ingin menyumbang dengan diam-diam tanpa memberi tahu siapa pun, tapi orang tidak akan membiarkan mereka tenang sehingga mereka melanjutkan dan mengungkapkannya. Mereka sudah banyak menyumbang dengan cara lain yang tenang, aku benar-benar harus bertanya berapa banyak uang yang telah disumbangkan oleh orang-orang yang mengeluh di sini."

"Luar biasa, aku kagum dan mendukung mereka. Kelas mereka luar biasa."

"Perbedaan jumlah yang jauh dibandingkan dengan sumbangan untuk Corona. Apakah hak orang kulit hitam Amerika lebih penting daripada Korea?"

"Mereka berusaha keras mencium Amerika. Mereka tidak pernah peduli ketika orang-orang Asia atau Korea menderita karena virus Corona atau protes Hong Kong."


"Orang Korea tidak menghasilkan banyak uang sehingga mereka hanya menyumbangkan 100 juta won untuk virus Corona di sini tapi menyumbang 1,2 miliar won ke Amerika. Ini membuatku mempertanyakan pilihan mereka."

"Ketika mereka tetap diam ketika orang Asia dikalahkan oleh virus Corona."

"Sumbangan ini sudah terjadi beberapa hari yang lalu, hanya saja artikel-artikel tidak membahasnya. Ketika artikel dari selebriti lain yang menyumbang mendapat pujian, orang-orang membenci BTS karena tidak menyumbang apa pun, dan sekarang orang mengeluh bahwa mereka tidak cukup menyumbang ke negara kita sendiri. BTS telah menyumbang secara konsisten secara pribadi ke berbagai badan amal di negara kita, yang jumlahnya mencapai ratusan juta won. Harap berhenti meminta BTS atau selebriti untuk menyumbang dan kemudian membandingkan jumlahnya satu sama lain."

"Aku sadar bahwa mereka telah banyak menyumbang untuk UNICEF, itu luar biasa."

"Mereka sudah menyumbangkan ratusan juta won di Korea, hanya saja mereka dan penggemar mereka lebih suka merahasiakannya. Sangat menyedihkan bahwa beberapa masih membenci mereka sekarang. Begitu banyak komentar kebencian dari orang-orang yang bahkan belum menyumbangkan sepeser pun."

"Mereka menyumbang tanpa henti setiap tahun, luar biasa!"

"Bicara tentang skala, 1,2 miliar won, yang mungkin menempatkan total sumbangan mereka mendekati 5 miliar won sekarang."

"Mereka layak untuk menghabiskan lebih banyak secara internasional mengingat semua pengakuan yang telah diberikan kepada mereka. Lihat saja Korea. Lihatlah semua orang yang mencoba merobek grup negara sendiri dan menjatuhkannya. Kalian harus bersyukur mereka bahkan menyumbang beberapa ratus juta di sini juga."

(wk/chus)

You can share this post!

Related Posts