Nekat Buka Saat PSBB, Wisata Sungai Hijau Kampar  Tutup Usai 1 Pengunjung Positif COVID-19
Nasional

Mendapati ada pengunjung yang positif terpapar COVID-19, Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar segera melakukan penutupan kawasan wisata pemandian Sungai Hijau.

WowKeren - Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar menutup kawasan wisata pemandian Sungai Hijau di Bangkinang Kabupaten Kampar, Riau. Hal itu dilakukan usai diketahui ada pengunjung yang positif terpapar COVID-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Riau, Raja Yoserizal mengatakan jika penutupan ini akan berlangsung sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. "Untuk sementara Sungai Hijau ditutup sampai batas waktu yang belum ditentukan," kata dia, Senin (8/6).

Lebih lanjut, dinas wisata meminta pengelola destinasi wisata Sungai Hijau untuk mematuhi aturan terkait penerapan protokol kesehatan. "Jika destinasi buka harus memenuhi protokol kesehatan," imbuhnya.

Penutupan itu dibantu oleh Gugus Tugas COVID-10. Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Riau, Indra Yopi, heran dengan dibukanya kawasan wisata tersebut. Pasalnya, saat pasien tersebut berkunjung ke sana, Kabupaten Kampar masih dalam masa penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Bahkan tempat ibadah pun harus ditutup.

"Waktu ke sana kan masih penerapan PSBB, artinya jangankan tempat wisata, tempat ibadah, kedai ditutup," kata Indra. "Ini kok tempat wisata buka."


Sebagai langkah antisipasi, semua orang yang telah berkontak dengan pasien menjalani tes untuk deteksi dini. Adapun pasien tersebut merupakan salah satu pejabat di Pemkab Natuna.

Di sela kedatangannya ke Pekanbaru, ia berkunjung ke wisata Sungai Hijau. "Semua yang kontak dengan pasien termasuk orang yang di Sungai Hijau kita periksa dan tes swab," tukasnya.

Sementara itu, sejumlah wilayah di Indonesia tengah menerapkan masa transisi menuju new normal. Kawasan wisata pun dipersiapkan untuk menyambutnya. Di Jawa Timur misalnya.

Sejumlah kota dan kabupaten di wilayah Jawa Timur menyatakan siap untuk membuka kembali tempat wisata seiring dengan rencana penerapan new normal tersebut. Salah satunya Banyuwangi.

"Kemarin Banyuwangi sudah siap," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim Sinarto seperti dilansir Suara Surabaya, Selasa (9/6). "Kota Batu, setelah PSBB tidak diperpanjang, sangat mempersiapkan sebaik-baiknya. Lalu Pacitan dan Blitar juga menyatakan sudah siap."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait