Beyonce Ungkap Praktik Rasisme di Industri Hiburan, Singgung Perjuangan Keras Kaum Kulit Hitam
Getty Images
Selebriti

Peraih 24 piala Grammy Awards tersebut mengatakan bahwa industri hiburan termasuk bidang yang masih mengandung banyak praktik rasisme, seksisme dan didominasi pria.

WowKeren - Beyonce Knowles mengungkapkan ketimpangan dan rasialisme dalam industri hiburan Hollywood. Pelantun "Formation" tersebut juga bicara tentang perjuangan kaum kulit hitam, terutama wanita, yang kerap dipandang sebelah mata.

Hal ini diungkapkan oleh istri Jay-Z tersebut kepada para lulusan baru dalam pidato Dear Class of 2020, Minggu (7/6) waktu setempat. Bukan hanya soal pendidikan dan pengalaman dirinya yang tak mengenyam bangku pendidikan tinggi, Beyonce juga menyinggung soal ketimpangan yang rasialisme di berbagai aspek, terutama industri hiburan.

"Saya tidak mengalami bangku kuliah seperti kalian, atau pesta saat kuliah, atau susahnya berjuang di kelas, pasti itu menyenangkan," kata Beyonce. "Namun orang tua saya mengajarkan saya soal nilai dari pendidikan, tentang pentingnya menjadi autentik dalam segala tindakan saya, dan merayakan individualitas dan pentingnya berinvestasi terhadap diri sendiri."

Beyonce lalu menyinggung soal pentingnya anak muda untuk melangkah mengambil keputusan sendiri, untuk menemukan potensi lain dari diri mereka. Peraih piala Grammy itu pun berkaca pada keputusannya untuk mulai berbisnis pada beberapa tahun lalu.


Ia menyebut bahwa momen dirinya untuk terjun langsung dalam bisnis hiburan adalah hal yang menakutkan. Beyonce mengatakan industri hiburan termasuk bidang yang masih mengandung banyak seksisme dan didominasi pria.

"Sebagai perempuan, saya tak menemukan cukup banyak panutan perempuan memberikan kesempatan untuk melakukan hal yang saya tahu harus dilakukan, untuk menjalankan label dan manajemen saya sendiri, menggarap film dan produksi tur sendiri, memiliki master saya sendiri, memiliki karya seni saya, memiliki masa depan dan cerita saya sendiri," lanjutnya lagi.

"Tak banyak wanita kulit hitam memiliki posisi yang penting, sehingga saya harus membuat jalan saya sendiri, kemudian saya mengundang yang terbaik di luar sana, mereka yang jarang dipandang dan menanti untuk diperhatikan."

"Ya, saya diberkati dengan 24 Grammy, namun saya kalah 46 kali. Berarti 46 kali penolakan. Please, jangan merasa tak layak untuk menang. Cukup terus bekerja keras, fokus pada apa yang telah kalian pilih, dari situlah kalian akan mendapatkan kekuatan," pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, Dear Class of 2020 merupakan serial YouTube yang menghadirkan pidato dari berbagai pihak kepada para lulusan tahun ini yang terdampak dari pandemi dan berbagai situasi sosial yang terjadi.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait