India Catat Hampir 10 Ribu Kasus Sehari, Kondisi Mumbai Jauh Lebih Parah Daripada Wuhan
Dunia

Pemerintah India sudah mencabut kebijakan lockdown demi memulihkan perekonomian negara, yang mirisnya diiringi fakta adanya konfirmasi nyaris 10 ribu kasus positif Corona dalam sehari.

WowKeren - India menjadi salah satu negara yang belakangan perkembangan penyebaran wabah virus Corona-nya dipandang sangat mengerikan. Hal itu pun kembali terbukti lewat lonjakan besar jumlah kasus positif yang dikonfirmasi dalam sehari, yakni mencapai nyari 10 ribu.

Dikutip dari Al Jazeera, tercatat ada 9.985 kasus positif COVID-19 yang dikonfirmasi dalam sehari. Selain itu ada 274 pasien positif yang dinyatakan meninggal dunia dalam rentang sehari.

Dengan demikian, sampai Rabu (10/6), total ada 276.583 orang yang dikonfirmasi positif COVID-19 di India, dengan 7.745-nya berakhir meninggal dunia. Padahal saat ini India telah menerapkan lockdown sampai dua bulan lebih namun seperti tak ada hasil berarti yang didapat.

Tak hanya itu, secara spesifik Kota Mumbai juga ikut menjadi sorotan. Sebab perkembangan wabah di sana sangat mengkhawatirkan lantaran diklaim jauh melampaui Wuhan yang pada puncak penyebarannya sekitar pertengahan Februari lalu "hanya" mencapai 38.020 kasus.


Dilansir dari data statistik yang dirilis India Today, Mumbai saat ini memiliki sekitar 51 ribu kasus positif Corona. Jumlah kasus ini menyumbang lebih dari setengah kasus di Negara Bagian Maharasthra yang menjadi kawasan paling terdampak COVID-19 di India dengan 90 ribu kasus.

Padahal, seperti dijelaskan sebelumnya, India telah menjalani lockdown sampai nyaris tiga bulan lamanya namun seolah tak memberikan hasil. Alhasil mulai Senin (8/6) kemarin aktivitas perekonomian kembali dibuka meski tetap mengedepankan berbagai protokol kesehatan yang ketat.

Kendati demikian, banyak pihak yang mengkhawatirkan kebijakan ini bisa memunculkan kembali lonjakan besar-besaran kasus positif di India. Apalagi beberapa waktu belakangan nyaris setiap hari sebanyak 10 ribu kasus positif dikonfirmasi.

India saat ini berada di urutan ke-6 negara paling terdampak pandemi virus Corona di dunia. India juga praktis menjadi negara dengan jumlah kasus positif terbanyak di Asia, bila mengesampingkan Rusia. Bahkan jumlah kasus positif India sudah melampaui Italia yang sempat disebut menjadi episentrum baru penyebaran wabah.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait