Bakal Setara Diploma, Pendidikan SMK Akan Diperpanjang Jadi 4 Tahun
Nasional

Dengan ditambahnya lama pendidikan ini, diharapkan para siswa SMK memiliki cukup waktu untuk membekali diri sebelum terjun ke dunia usaha maupun industri.

WowKeren - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana untuk mengubah periode belajar untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMK). Lama pendidikan SMK yang selama ini berlangsung 3 tahun nantinya akan diperpanjang hingga 4 tahun.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Wikan Sakarinto mengatakan jika hal itu dilakukan untuk menyetarakan pendidikan SMK dengan jenjang diploma. Meski demikian, hal ini rencananya akan diterapkan pada program studi tertentu.

"Dalam waktu dekat, kami akan berinovasi dengan mengubah SMK menjadi empat tahun atau setara dengan diploma satu atau diploma dua," kata Wikan di Jakarta seperti dilansir Antara, Kamis (11/6). "Terutama untuk program studi tertentu."

Dengan ditambahkannya lama pendidikan ini, diharapkan para siswa memiliki cukup waktu untuk membekali diri sebelum terjun ke dunia usaha maupun industri. Dengan sistem yang seperti ini, diharapkan siswa yang lulus bisa langsung terjun ke dunia industri. "SMK dirancang empat tahun dan begitu lulus, siswanya bisa langsung kerja di industri," kata dia.


Siswa SMK juga diwajibkan mengikuti program praktik kerja di industri. Jika siswa tersebut tidak mengikuti praktik kerja maka belum bisa diluluskan.

Oleh sebab itu, kurikulum yang ada di SMK juga harus disesuaikan dengan kebutuhan industri. Kurikulum ini diharapkan bisa menciptakan siswa yang fleksibel yang mampu bekerja di berbagai industri.

Wikan menyebut jika pihaknya akan melakukan rebranding SMK sehingga jenjang pendidikan yang satu ini akan lebih dikenal oleh masyarakat. "Terutama siswa SMP dan para orang tua siswa SMP. SMK harus dikenalkan secara baik kepada mereka," kata Wikan.

Kemendikbud tengah berupaya untuk meningkatkan kompetensi lulusan SMK. Hal itu dilakukan mulai dari menjalin kerja sama dengan industri hingga menyusun kurikulum bersama industri.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru