Serasa Jadi Pembalap, Antrean Lalu Lintas di Tuban Diatur Layaknya Starting Grid MotoGP
SerbaSerbi

Adanya tanda ini memungkinkan pengguna kendaraan yang tengah berhenti untuk mengindahkan jarak satu sama lain. Tak pelak, inovasi ini pun mendapat pujian dari Gubernur Jatim.

WowKeren - Ada yang berbeda dari antrean lampu lalu lintas di Simpang Kembang Ijo, kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tak seperti persimpangan lalu lintas pada umumnya, lalu lintas di tempat itu memiliki tanda pembatas antar kendaraan layaknya starting grid di acara MotoGP.

Adanya tanda ini memungkinkan pengguna kendaraan yang tengah berhenti untuk mengindahkan jarak satu sama lain. Tak pelak, inovasi ini pun mendapat pujian dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Penerapan jaga jarak atau physical distancing antar pengguna kendaraan di lampu merah ini masih tahap uji coba. Kepala Dinas Perhubungan Tuban Muji Slamet mengatakan uji coba ini akan berlangsung selama 2 pekan.

"Ini akan uji coba dulu selama dua minggu," kata Muji dilansir dari Kompas, Jumat (12/6). "Dalam rentang waktu ini, kami juga akan memasang (marka physical distancing) di patung (perempatan patung Letda Sutjipto), Sambong, Gadean, dan perempatan Bravo."


Uji coba ini pun rupanya mendapat respons positif dari berbagai pihak. Adapun rencana penambahan marka jalan ini sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kabupaten Tuban.

"Langsung koordinasi dengan Pak Sekda selaku sekretaris gugus untuk pemasangan marka," tutur Muji. "Tadi sudah lapor ke sekretaris gugus, nanti beliau yang akan melapor ke Pak Bupati."

Ia melanjutkan jika Khofifah bahkan meminta agar inovasi ini juga diterapkan di daerah lain. "Intinya, (Gubernur Jawa Timur) apresiasi ini inovasi yang baik, bisa dicontoh oleh kota/kabupaten lain di Jawa Timur," jelas Muji.

Sehingga sejumlah kabupaten/kota pun juga mulai menerapkan penambahan marka jalan ini. Seperti Blitar dan Nganjuk.

"Atas imbauan Bu Khofifah, Nganjuk kemarin sudah masang (meniru inovasi tersebut)," lanjut Muji. "Terus ini tadi Kota Blitar. Baik untuk menjaga jarak dan mencegah kecelakaan lalu lintas."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru