Masa PSBB Transisi, Kualitas Udara DKI Jakarta Tercatat Terburuk di Dunia Pagi Ini
Nasional

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sempat menyatakan bahwa kualitas udara di Ibu Kota pada Idul Fitri tahun ini merupakan yang terbaik dalam 5 tahun terakhir.

WowKeren - DKI Jakarta kini tengah menerapkan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi. Masa PSBB transisi ini menjadi lampu hijau bagi sejumlah perkantoran di Ibu Kota untuk kembali buka sejak Senin (8/6) pekan lalu.

Namun hal ini tampaknya juga berpengaruh kepada tingkat polusi Jakarta. Kualitas udara Ibu Kota pada Senin (15/6) pagi ini pun tercatat menjadi yang terburuk di dunia berdasarkan situs AQ Index. Adapun indeks kualitas udara (Air Quality Index/AQI) di DKI pada Senin (16/5) pukul 10.30 WIB ini berada di angka 188 US AQI dengan PM 2.5 sebesar 110 µg/m³.

Adapun PM 2.5 adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2.5 mikron (mikrometer). Sementara itu, kelembaban Jakarta pagi ini tercatat mencapai 79 persen, tekanan 1.012 mb, dan angin 5.4 km/jam.

Di bawah Jakarta ada Kota Lahore, Pakistan, dengan kualitas udara terburuk di dunia. Kota Lahore mencatat indeks kualitas udara di angka 173 AQI pada pagi ini.


Kualitas udara yang buruk di Jakarta ini membuat masyarakat diimbau untuk mengurangi aktivitas olahraga di luar ruang dan menutup jendela dengan rapat. Selain itu, masyarakat juga diwajibkan untuk memakai masker saat berada di luar ruangan, selain juga untuk mencegah penularan virus corona.

Melansir CNN Indonesia, polusi PM 2.5 di Jakarta mulai meningkat secara signifikan sejak Jumat (5/6) lalu. Menurut IQAir, kala itu AQI di Jakarta tercatat sudah berada di angka 160 dengan konsentrasi PM2.5 sebesar 72.5 µg/m³

Padahal, AQI Jakarta masih terpantau aman pada pekan kedua bulan Mei. Kala itu, Jakarta memang masih menerapkan PSBB Jilid III.

Sebelumnya, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta sempat menyatakan bahwa kualitas udara di Ibu Kota pada Idul Fitri tahun ini merupakan yang terbaik dalam 5 tahun terakhir. Hal ini diumumkan usai dilakukan pemantauan di 6 titik stasiun pemantauan di Jakarta.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru