Kolam Renang Publik Belum Dibuka, Benarkah Virus Corona Bisa Menular Lewat Air?
Dunia

Fasilitas kolam renang di sejumlah negara bagian Amerika Serikat belum dibuka meski lockdown dilonggarkan. Hal ini disebabkan adanya kekhawatiran jika virus COVID-19 akan menyebar melalui air kolam.

WowKeren - Sejumlah negara mulai membuka sektor pariwisatanya untuk menyambut era normal baru atau new normal. Tak hanya itu, fasilitas olahraga pun termasuk dalam daftar tersebut.

Namun, hal tersebut rupanya tak berlaku pada kolam renang. Pasalnya, masih ada beberapa negara yang enggan membuka fasilitas kolam renangnya karena kekhawatiran virus corona (COVID-19) bisa menyebar di air kolam.

Perlu diketahui, selain menghirup droplet dari sekresi pernapasan orang yang terinfeksi, orang bisa tertular karena memegang permukaan yang terkontaminasi virus corona. Penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa SARS-CoV-2 dapat bertahan di berbagai permukaan benda selama berhari-hari dan dapat tetap di udara selama berjam-jam.

Penelitian lain menunjukkan bahwa mata manusia sangat rentan terhadap virus. Tampaknya cara penyebaran virus tidak terbatas, tetapi kabar baiknya genangan air kemungkinan bukan vektor penularan, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS.

"Tidak ada bukti bahwa virus yang menyebabkan COVID-19 dapat menyebar ke orang-orang melalui air di kolam renang, kolam air panas, spa, atau area bermain air," kata badan federal AS itu.


Operasi dan pemeliharaan yang tepat, termasuk desinfeksi dengan klorin dan bromin, terhadap kolam renang dapat menonaktifkan virus di dalam air. Meskipun air mungkin bukan metode penularan COVID-19, mereka yang berenang di kolam, apalagi kolam renang umum, bisa saja merupakan pembawa virus.

Adapun orang yang tertular dikarenakan tidak dapat menjaga jarak dengan pengunjung kolam renang lainnya yang bisa jadi positif COVID-19 meski tak bergejala. Droplet yang tersembur saat mereka berbicara atau batuk bisa saja terhirup di jarak yang tidak aman.

Di samping itu, droplet juga bisa menempel di benda-benda yang ada sekitar kolam renang. Pengunjung diserukan untuk tetap menjaga kebersihan tangannya dan mengenakan masker biasa setelah keluar dari kolam.

Di Amerika Serikat sendiri, beberapa kolam komunitas di sejumlah negara bagian tidak akan dibuka saat musim panas. Karenanya, CDC menawarkan panduan sementara untuk bisnis dan pengusaha untuk membersihkan dan mendisinfeksi fasilitas masyarakat, yang meliputi saran untuk kolam renang umum, bak air panas, spa, dan area bermain air.

"Semua orang harus mengikuti panduan lokal dan negara bagian yang dapat menentukan kapan dan bagaimana fasilitas air rekreasi dapat beroperasi," saran CDC.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru