Kesal dengan Keberadaan Tikus di Dalam Rumah? Gunakan Saja 8 Bahan Alami Ini Untuk Mengusirnya
SerbaSerbi

Keberadaan tikus di rumah sering membuat kita merasa kesal. Untuk itu, sebaiknya segera usir hewan pengerat tersebut dengan menggunakan delapan bahan alami yang mudah didapatkan berikut ini.

WowKeren - Tikus merupakan hewan pengerat yang keberadaannya seringkali tak diharapkan di rumah. Karena selain membuat tidak nyaman dan menjadi sumber penyakit, tikus sering merusak berbagai barang yang ada di rumah dengan cara menggigitnya. Mulai dari kabel, pakaian, peralatan masak yang berbahan plastik hingga mencuri bahan makanan.

Karena tingkahnya itu, kita pasti ingin melakukan berbagai cara untuk mengusir tikus dari rumah, termasuk dengan menggunakan perangkap. Namun kecerdikan tikus dalam mengelabui perangkap membuatnya terus berkeliaran dengan bebas di dalam rumah.

Apa kamu dan keluarga tengah mengalami masalah ini? Jika iya, sebaiknya jangan kesal berlebihan dan tetaplah tenang. Sebab ada beberapa bahan alami yang ampuh digunakan untuk mengusir tikus di rumah. Penasaran apa sajakah itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Cangkang Telur


Cangkang Telur
iStock

Cangkang telur yang biasanya langsung dibuang ternyata bermanfaat untuk mengusir tikus di rumah loh. Hal ini dikarenakan cangkang telur mengandung kalsium yang dapat digunakan untuk membasmi tikus, kecoak hingga semut.

Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama keringkan dulu cangkang telur yang akan digunakan lalu tumbuk atau blender sampai halus dan menjadi bubuk. Setelah itu taburkan bubuk cangkang telur di area rumah yang biasanya dilewati tikus.

2. Bubuk Kopi


Bubuk Kopi
Unsplash/Janko Ferlic

Di balik kelezatannya, bubuk kopi ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengusir tikus di rumah. Kopi memiliki aroma tajam yang sangat sensitif bagi indra penciuman tikus yang lebih peka dari manusia. Sehingga tikus akan berusaha menghindari bau kopi yang menyengat.

Cara mengusir tikus dengan bubuk kopi sangat mudah dan hampir mirip dengan poin sebelumnya. Sebab kamu hanya perlu menaburkan bubuk kopi hitam di jalur yang biasa dilalui tikus di dalam rumah. Dengan begitu, dijamin deh tikus-tikus akan menjauh dari rumahmu!

3. Buah Mengkudu


Buah Mengkudu

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, tikus memiliki indra penciuman yang sangat peka dan tajam yang membuatnya tak menyukai aroma menyengat. Karena itulah kamu juga bisa menggunakan buah mengkudu yang memiliki aroma menyengat untuk mengusir tikus dari rumah.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tikus dengan buah mengkudu. Pertama, potong buah mengkudu menjadi beberapa bagian lalu letakkan potongan tersebut di berbagai sudut rumah dan jalur yang biasa dilewati tikus. Cara kedua adalah dengan menghancurkan buah mengkudu lalu melarutkannya dalam air. Masukkan larutan tersebut ke dalam botol lalu semprotkan pada area rumah yang kerap dilalui tikus.

4. Kulit Durian


Kulit Durian

Kulit durian yang memiliki aroma menyengat juga dapat digunakan untuk menyingkirkan tikus dari rumah. Cukup letakkan kulit buah durian di beberapa sudut rumah dan tunggu 2-3 hari, dijamin deh jebakanmu pasti berhasil.

Tapi karena kulit buah durian berduri tajam, sebaiknya perhatikan peletakannya juga ya. Pastikan posisinya aman dan jauh dari jangkauan kaki untuk menjaga keselamatan anggota keluarga. Sebagai contoh, kamu bisa meletakkannya di bawah sofa atau berbagai furnitur lainnya.

5. Bawang Merah dan Bawang Putih


Bawang Merah dan Bawang Putih

Bahan alami berikutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengusir tikus di rumah adalah bawang putih. Caranya, potong tipis bawang putih menjadi beberapa bagian lalu bungkus dengan kain kasa dan letakkan di area rumah yang biasa dilewati tikus. Aromanya yang menyengat dijamin bakal membuat tikus-tikus kabur menjauh.

Selain bawang putih, bawang merah yang memiliki aroma tajam juga ampuh digunakan untuk mengusir tikus. Untuk menggunakannya, cukup letakkan irisan bawang merah di sebuah mangkuk lalu letakkan di berbagai sudut rumah dan jalur yang biasa dilewati tikus.

6. Merica


Merica

Merica yang biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu dapur juga dapat kamu gunakan untuk menyingkirkan tikus di rumah. Tikus yang memiliki indra penciuman tajam akan sangat terganggu saat mencium aroma dan sensasi pedas dari merica.

Cara mengusir tikus menggunakan merica sangat mudah. Sebab kamu hanya perlu menaburkan biji merica atau lada bubuk di berbagai sudut rumah dan jalur yang sering dilalui tikus. Dengan begitu, dijamin deh mereka akan kabur sejauh mungkin.

7. Cengkeh


Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu bahan alami yang memiliki aroma harum dan menenangkan yang sangat disukai manusia. Selain dijadikan bumbu dapur, cengkeh biasanya dijadikan sebagai campuran dalam minuman hangat. Meski cengkeh disukai manusia, aroma wanginya justru sangat dibenci oleh tikus, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk mengusir tikus di rumah.

Caranya sangat mudah. Pertama keringkan cengkeh sampai benar-benar kering selama beberapa hari lalu masukkan ke dalam kain kasa. Setelah itu, letakkan cengkeh tersebut di berbagai sudut ruangan yang kerap dilalui tikus. Saat melewatinya, tikus-tikus pasti berlari menjauh.

8. Kantung Teh Bekas


Kantung Teh Bekas

Siapa sangka kantung teh bekas ternyata juga bisa digunakan untuk membasmi tikus di rumah. Kandungan peppermint yang ada di dalamnya dapat menyebabkan iritasi pada hidung tikus, sehingga indra penciumannya tidak akan berfungsi dengan baik. Dengan begitu, tikus akan menjauh dari rumah karena menganggap jika tidak ada makanan yang menarik untuknya.

Untuk menggunakannya sebagai pengusir alami tikus, cukup letakkan beberapa kantung teh bekas di area yang biasa dilalui tikus, saluran air maupun lubang pintu. Selain itu, kamu juga bisa meletakkannya di dekat tirai jendela agar aromanya semakin keluar. Dengan begitu, tikus akan menjauh dan ruangan di rumahmu akan semakin wangi karena aroma yang dihasilkannya.

Demikian delapan bahan alami yang dapat digunakan sebagai pengusir alami tikus di rumah. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi vagina yang gatal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui delapan bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau mulut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru