Astronom Ungkap 'Kembaran' Bumi Di Galaksi Ada 6 Miliar, Layak Huni?
SerbaSerbi

Astronom dari Universitas British Colombia menyatakan jika enam miliar bintang yang berada di galaksi memiliki kemiripan dengan Bumi. Seperti apa penjelasannya?

WowKeren - Sebanyak enam miliar bintang yang berada di galaksi disebut memiliki kemiripan dengan Bumi. Hal tersebut diungkapkan oleh astronom dari Universitas British Colombia.

Seluruh bintang dengan tipe G disebutkan memiliki ukuran yang sama dengan Bumi. Bahkan, bintang jenis tersebut juga berbatu dan sama-sama mengorbit pada Matahari layaknya Bumi.

Semakin menarik, astronom mengungkapkan fakta jika bintang tipe G juga masuk dalam zona layak huni. Pasalnya, bintang tipe itu memiliki potensi untuk menampung air seperti di Bumi.

Dilansir dari Space Daily, bintang di seluruh bima sakti diprediksi mencapai 400 miliar. Astronom UBC Jaymie Matthews mengungkapkan sebanyak 7 persen dari seluruh bintang tersebut merupakan tipe G yang mirip Bumi. “Itu berarti kurang dari enam miliar bintang mungkin memiliki planet mirip Bumi di Galaksi kita,” kata Matthews seperti dilansir dari Space Daily pada Jumat (19/6).


Frekuensi planet mirip Bumi sendiri berkisar dari 0,02 planet yang berpotensi layak huni per bintang seperti Matahari, hingga lebih dari satu per bintang seperti Matahari. Peneliti lantas melakukan perhitungan dengan menggunakan perkiraan tersebut.

Peneliti UBC, Michelle Kunimoto telah melakukan perhitungan dengan menempatkan batas atas 0,18 planet mirip Bumi per bintang tipe G. Hasilnya, ia mengaku dapat memperkirakan berbagai jenis planet di sekitar bintang yang berbeda.

Perkiraan tersebut juga mampu memberikan pemahaman mengenai kendala penting pada teori pembentukan. Selain itu, perhitungan yang dilakukan Kunimoto juga dapat membantu mengoptimalkan misi masa depan yang didedikasikan untuk menemukan planet ekstrasurya.

”Saya mulai dengan mensimulasikan populasi penuh planet ekstrasurya di sekitar bintang yang dicari Kepler,” ujar Kunimoto. “Jika simulasi menghasilkan kecocokan yang dekat maka populasi awal kemungkinan merupakan representasi yang baik dari populasi sebenarnya planet yang mengorbit bintang-bintang itu.”

Seperti yang diketahui, saat ini sejumlah astronom memang terus melakukan berbagai penelitian dan pencarian untuk menemukan planet layak huni bagi peradaban manusia. Sebuah planet harus berbatu dan berukuran kira-kira seukuran Bumi, dan mengorbit di zona layak huni bintangnya untuk dianggap seperti Bumi. Zona layak huni didefinisikan sebagai zona di mana air cair bisa ada di permukaannya.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait