Siap-Siap Fenomena Gerhana Matahari Besok, BMKG Beri Peringatan Ini Demi Jaga Keamanan
SerbaSerbi

Siap-siap menyaksikan gerhana Matahari besok Minggu (21/6), BMKG memberikan peringatan ini kepada masyarakat demi menjaga keamanan saat menonton fenomena tersebut.

WowKeren - Fenomena gerhana Matahari cincin akan terjadi besok Minggu (21/6) di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) langsung memberikan pesan bagi masyarakat yang berniat menyaksikan fenomena alam tersebut.

BMKG mengimbau agar masyarakat tidak melihat gerhana Matahari dengan mata telanjang. Selain itu, masyarakat juga tidak boleh melihat bayangan gerhana Matahari melalui air

”Tips aman, jangan melihat langsung dengan mata telanjang,” kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Tuntungan Teguh Rahayu, seperti dilansir dari Detik pada Sabtu (20/6). “Tidak boleh juga melihat bayangan gerhana di air.”

BMKG lantas memberikan tips aman bagi masyarakat yang ingin menonton fenomena langka tersebut. Warga dapat menonton gerhana Matahari cincin dengan menggunakan teropong yang memiliki filter. Gerhana Matahari juga bisa ditonton dengan memakai kacamata khusus.


”Menggunakan teropong pun harus dipasang filter,” jelas Rahayu. “Bisa juga menggunakan kacamata khusus untuk melihat gerhana.”

Gerhana matahari cincin sebagian ini akan terlihat di seluruh wilayah Sumut. Gerhana di Sumut akan dimulai pada pukul 13.37 WIB, puncak gerhana terjadi pada pukul 14.48 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 15.48 WIB.

Lebih lanjut Rahayu menjelaskan BMKG akan melakukan pengamatan di kantor Stasiun Geofisika Deli Serdang. Warga yang ingin menonton bersama BMKG pun dipersilahkan datang.

Meski demikian, masyarakat diminta untuk mematuhi protokol kesehatan COVID-19. Diantaranya dengan memakai masker dan tetap menjaga jarak satu sama lain.

”Lokasi pengamatan di halaman kantor Stasiun Geofisika Deli Serdang mulai pukul 12.00 WIB,” sambungnya. “Kalau mau datang, silakan, pengamatan sesuai protokol kesehatan COVID-19.”

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait