Biasa Eksklusif, Pementasan Wayang Orang Sriwedari Kini Dapat Dinikmati Secara Online
surakarta.go.id
SerbaSerbi

Meski telah kembali diperbolehkan melakukan pementasan, permintaan yang besar dari warga luar kota Surakarta membuat Wayang Orang Sriwedari kini dapat disaksikan lewat Instagram maupun YouTube.

WowKeren - Pandemi COVID-19 membuat manusia tak lagi leluasa beraktivitas. Salah satunya dirasakan para pecinta kebudayaan yang suka menyaksikan pementasan wayang. Seperti diketahui, perkumpulan massa kini harus dihindari untuk mengurangi risiko penularan virus mematikan tersebut.

Namun, para pecinta wayang kini mendapat kemudahan untuk menyaksikan pementasan tanpa keluar rumah. Wayang Orang Sriwedari yang legendaris ternyata bisa dinikmati secara online pada 26-27 Juni 2020 mendatang. Pementasan tersebut disiarkan langsung dari Gedung Sriwedari, Surakarta.

Pementasan dapat ditonton secara online melalui live akun Instagram @wayang_orang_sriwedari atau kanal Youtube resmi Dinas Kebudayaan Surakarta. Pementasan online tersebut juga dilakukan bersamaan dengan pementasan offline di gedung yang sama.


Di sisi lain, para pelakon dan pengurus Wayang Orang Sriwedari sebenarnya telah membuat ketentuan tersendiri untuk menjamin eksklusivitas pertunjukan dengan tidak melakukan pementasan online. Namun karena permintaan yang besar dari pegiat wayang setelah dua kali pementasan offline dan online, maka pementasan daring kembali diadakan.

"Permintaan untuk yang daring itu sangat luar biasa. Jadi benar-benar mereka mengharapkan tetap ada daring, walaupun wayang orang Sriwedari saat ini sudah diperbolehkan untuk pentas kembali," ujar Yogi Kurniawan selaku Bagian Publikasi dan Dokumentasi Wayang Orang Sriwedari dilansir dari Kumparan. "Diharapkan suatu saat kalau nanti mereka merasa sudah safe dengan dirinya, mereka akan datang."

Pementasan offline dan online yang dimaksud tersebut dilakukan untuk mempertahankan eksistensi di tengah pandemi COVID-19 pada 4 Juni lalu. "Pada waktu itu, kita belum diberikan izin, (sehingga) kita melakukan pertunjukan daring, live Instagram di akun Wayang Orang Sriwedari. Kemudian, minggu kemarin, hari Jumat dan Sabtu, kami sudah diberikan izin dari Wali Kota Solo untuk mengadakan pertunjukan langsung," jelas Yogi.

Permintaan penonton dari luar Kota Surakarta membludak setelah digelarnya pementasan daring tersebut. Oleh sebab itu, pementasan secara online kini bisa ditonton langsung melalui laman resmi Wayang Orang Sriwedari tanpa dipungut biaya.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru