RI Terancam Masuk ‘Jurang’ Resesi Ekonomi Imbas Corona, Pengusaha Buka Suara
Nasional

Indonesia terancam memasuki ‘jurang’ resesi ekonomi akibat pandemi virus corona (COVID-19). Pengusaha hingga pengamat lantas angkat berbicara mengenai situasi tersebut.

WowKeren - Pandemi virus corona (COVID-19) telah menyebabkan perekonomian dunia terus memburuk. Indonesia bahkan disebut terancam masuk dalam jurang resesi ekonomi.

Wakil Ketua Kadin Bidang Perdagangan Benny Sutrisno lantas mendesak pemerintah untuk segera menambah program jaring pengaman sosial (social safety net). Program tersebut dinilai dapat menjaga daya beli tetap stabil sehingga Indonesia terhindar dari resesi.

Benny menjelaskan jika selama pandemi, industri terganggu dari sisi permintaan. Oleh sebab itu, pemerintah harus memangkas belanja negara yang multiplier effect terhadap perekonomian rendah dan mendorong program bantuan sosial yang sudah dijalankan agar lebih tepat sasaran.

”Pemerintah harus injeksi lagi ke sisi demand, artinya supaya masyarakat meningkatkan daya beli,” jelas Benny seperti dilansir dari CNNIndonesia, Selasa (23/6). “Selama ini kan gangguan dari sisi supply, produksi terganggu orang ga bisa kerja, berangsur pulih tapi orang takut berbelanja dan banyak juga yang kena PHK atau dirumahkan.”


Selain itu, Benny juga meminta agar pemerintah menghentikan Program Kartu Pra Kerja yang disasarkan bagi korban PHK maupun pengangguran. Menurutnya, Kartu Pra Kerja tidak efektif digunakan sebagai solusi untuk menangani krisis ekonomi di Tanah Air.

Apalagi, pelatihan melalui Kartu Pra Kerja dinilai sia-sia karena banyak industri yang sudah berhenti beroperasi dan tidak siap membuka lapangan pekerjaan baru. Benny lantas menyarankan agar anggaran program tersebut disalurkan sebagai bantuan sosial saja bagi masyarakat yang lebih membutuhkan.

“Dikasih aja uangnya kalau dia mau berlatih biar aja dia pakai uangnya itu,” kata Benny. “Kalau dia enggak mau berlatih karena kebutuhan lebih penting dia pakai aja uangnya buat makan.”

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan jika Indonesia berpotensi masuk jurang resesi ekonomi. Hal itu akan terjadi jika pertumbuhan ekonomi di Tanah Air negatif pada kuartal III 2020. Resesi sendiri terjadi jika perekonomian suatu negara tumbuh negatif dalam dalam dua kuartal atau lebih secara berturut-turut.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait