Menteri PUPR Ungkap Tol Trans Jawa Bakal Disambung Hingga ke Pulau Bali
Nasional

Potensi investasi di jalan tol Trans Jawa ini dipaparkan Menteri Basuki di hadapan sejumlah pengusaha, kontraktor dan investor Turki yang hadir dalam Forum Bisnis Konstruksi Indonesia-Turki.

WowKeren - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa pembangunan jalan tol Trans Jawa akan dilanjutkan hingga ke Pulau Bali. "Kami akan melanjutkan ruas jalan tol ini hingga ke Pulau Bali," tutur Basuki dilansir Antara pada Rabu (24/6).

Basuki menjelaskan bahwa jalan tol Trans Jawa dari total panjang 1.350 kilometer telah beroperasi 1.150 kilometer. Jalan tol yang menghubungkan ujung barat dengan ujung timur Pulau Jawa ini baru saja tersambung dan dioperasikan pada tahun 2019.

Adapun untuk merealisasikan target pembangunan infrastruktur ini, Basuki menilai dibutuhkan kerja sama dengan negara-negara sahabat. Potensi investasi di jalan tol Trans Jawa ini dipaparkan Basuki di hadapan sejumlah pengusaha, kontraktor dan investor Turki yang hadir dalam Forum Bisnis Konstruksi Indonesia-Turki.

Tak hanya potensi investasi di jalan tol Trans Jawa saja, Basuki juga memaparkan potensi investasi dalam proyek tol Trans Sumatera, pembangunan bendungan dan sebagainya. Dalam forum tersebut, Basuki juga memaparkan sejumlah capaian pemerintah Indonesia dalam proyek infrastruktur.


"Pada 2024, kami akan menyelesaian Trans Sumatera," ungkap Basuki. "Ini menjadi peluang bagi kontraktor atau investor untuk terlibat dalam PPP project di Trans Sumatera."

Selain itu, Basuki juga sempat emaparkan progres terkait dengan proyek ibu kota negara yang telah dilakukan sayembara desain. Ia pun menyambut minat Turki dalam proyek ibu kota baru Indonesia di Kalimantan Timur, terlebih para kontraktor Turki memiliki rekam jejak terlibat dalam proyek pemindahan ibu kota.

"Pembangunan infrastruktur di Indonesia dapat menjadi peluang bisnis, kami menyambut Turki untuk terlibat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pemerintah Indonesia juga ada relaksasi agar investor termasuk Turki tertarik," pungkas Basuki. "Saya akan jamin jika bisa berinvestasi di Indonesia, Indonesia sebagai hub untuk masuk Asian market."

Di sisi lain, penyambungan tol Trans Jawa ke pulau Bali sebelumnya masih berada dalam proses studi kelayakan pada Januari 2020 lalu. Kala itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit mengungkapkan akan ada tol yang melingkari Pulau Bali dengan trase yang dimulai dari Tol Gilimanuk-Tabanan. Jalur ini akan dihubungkan dengan jaringan tol Trans Jawa Probolinggo-Banyuwangi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru