NTT Jadi Zona Hijau Covid-19, Ternyata Ini Kuncinya
Nasional

Hingga saat ini provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masih ditetapkan sebagai wilayah zona hijau Corona. Lantas juru bicara Gugus tugas Covid-19 di sana membeberkan kuncinya.

WowKeren - Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Nusa Tenggara Timur (NTT), Jelamu Ardu Marius bercerita tentang penanganan pandemi virus corona covid-19 di wilayahnya. Seperti diketahui, hingga saat ini NTT masih menjadi salah satu zona hijau yang ditetapkan gugus tugas nasional.

Jelamu lantas mengungkapkan kunci penanganannya dalam mencegah penyebaran wabah virus Corona. Salah satu yang paling penting adalah menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

Selain itu, Pemprov NTT juga memutuskan untuk membatasi perjalanan dinas PNS agar tidak keluar dari NTT sejak pemerintah pusat mengumumkan kasus pertama Covid-19 pada awal Maret lalu. Sedangkan kasus pertama di NTT baru terjadi pada akhir April.

Di mana pada saat itu salah seorang warga NTT yang baru pulang dari Jakarta secara inisiatif melakukan pemeriksaan di rumah sakit. Pasalnya temannya di Ibu Kota diketahui telah positif Covid-19.


"Waktu itu pulang dari Jakarta terus kembali ke NTT ke Kupang dan ada tanda-tanda sesak nafas. kata Jelamu dalam diskusi virtual bersama BNPB, Jakarta, Kamis (25/6). "Dan sebagian temannya di Jakarta yang waktu itu rapat bersama tertular virus maka dia secara aktif memeriksakan diri ke rumah sakit di Kupang."

Setelah itu, terjadilah transmisi lokal di NTT sehingga pemerintah langsung meningkatkan sosialisasi ke masyarakat hingga ke level RT. "Kemudian menyebar juga transmisi lokal di kupang dan juga di Mangarai Barat, tapi semuanya sudah tertangani," papar Jelamu.

Lebih lanjut, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat juga langsung bertindak dengan memberikan instruksi kepada seluruh jajarannya untuk mengedukasi warga agar disiplin mengikuti protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh. Sejak saat itu sosialisasi aktif dilakukan mulai pagi hingga malam.

"Sosialisasi kami pagi dan malam. Jadi setiap hari kami rilis pers secara publik melalui TV, radio, Facebook sehingga masyarakat mengikuti. Jadi edukasi kita lakukan berkali-kali," jelasnya.

Upaya tersebut ternyata berhasil menekan pertumbuhan angka kasus Corona. Terbukti dalam lima hari belakangann ini NTT tidak melaporkan kasus positif covid-19 baru. Dan tercatat sudah 111 kasus positif dengan angka kesembuhan 40 orang dan satu jiwa meninggal dunia.

(wk/lail)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru