Serius Benahi Sektor Wisata, Jokowi Sebut Daerah Ini Paling Siap New Normal
Nasional

Keseriusan menyiapkan sektor pariwisata terlihat dari upaya pemerintah kabupaten setempat untuk menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya mengatur kapasitas destinasi wisata.

WowKeren - Presiden Joko Widodo alias Jokowi menilai jika Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur termasuk daerah yang paling siap menerapkan tatanan kehidupan baru atau new normal. Menurutnya, Banyuwangi adalah wilayah yang paling serius dalam membenahi sektor pariwisata.

Hal tersebut diungkapkan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Villa So Long dan Pantai So Long di sela kunjungan kerja ke Banyuwangi, Kamis (25/6). "Saya melihat di lapangan Banyuwangi adalah daerah yang paling siap menyiapkan pra kondisi menuju normal baru," ujar Jokowi.

Keseriusan menyiapkan sektor pariwisata terlihat dari upaya pemerintah kabupaten untuk menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya mengatur kapasitas destinasi wisata untuk memastikan penerapan protokol jaga jarak.

Untuk memudahkan penghitungan kapasitas ini, wisatawan yang hendak berkunjung wajib mendaftarkan diri melalui internet. Sehingga jika jumlah kuota sudah terpenuhi maka sistem akan secara otomatis menghentikan proses.


Tak hanya itu, Pemerintah setempat juga melakukan sertifikasi dan uji kompetensi protokol kesehatan bagi para pemandu wisata. Hal ini pun juga dilakukan dengan melibatkan ahli kesehatan. Para pemandu ini akan menjalani pelatihan secara khusus terkait protokol kesehatan.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengapresiasi pariwisata di Banyuwangi yang turut memberdayakan warga lokal. Hal itu terlihat dari daya fasilitas homestay yang dikelola oleh warga. Namun tentu saja, masih ada campur tangan investor dalam pariwisata di Banyuwangi yakni dalam mengelola hotel bintang empat ke atas.

"Hotel-hotel misalnya bintang tiga ke bawah semuanya diberikan pada rakyat," lanjut mantan Wali Kota Surakarta itu. "Yang bintang empat lima dan seterusnya diberikan kepada investor."

Secara garis besar, Jokowi mendukung penuh upaya Pemkab Banyuwangi dan juga Pemprov jawa Timur untuk mempersiapkan new normal. "Kita mendukung penuh apa yang dilakukan Pak Bupati dan Gubernur dalam menyiapkan pra kondisi menuju tatanan normal baru sehingga nantinya saat timing yang tepat dibuka kembali, masyarakat terutama sektor pariwisatanya betul-betul sudah siap," ucap Jokowi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru