Butuh Penanganan Yang Sama, Ma'ruf Amin Sebut Corona dan Narkotika Ancaman Serius
Instagram/kyai_marufamin
Nasional

Memperingati Hari Anti Narkotika Internasional yang jatuh pada Jumat (26/6), Ma'ruf Amin mengingatkan narkotika dan virus Corona adalah musuh bersama yang saat ini membutuhkan penanganan ekstra.

WowKeren - Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin menyatakan saat Indonesia tengah menghadapi dua musuh besar yakni, ancaman virus Corona (COVID-19) dan narkotika. Ia mengingatkan dua masalah tersebut adalah serius sehingga jangan disepelekan.

"Saat ini kita semua dihadapkan pada musuh bersama yang harus dihindari yaitu COVID-19 dan narkotika," kata Ma'ruf dalam sambutannya pada peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang digelar oleh BNN secara virtual pada Jumat (26/6) seperti dilansir dari DetikNews. "Keduanya merupakan ancaman serius."

Ma'ruf mengungkap COVID-19 dan narkotika memberi dampak besar yang akan mempengaruhi aspek masyarakat, termasuk keluarga sebagai lapisan terkecil. "Dampaknya multi dimensi. Masuk mulai dari negara hingga merambah ke unit terkecil masyarakat yakni keluarga," sambungnya.

Dalam menangani dua masalah tersebut, Ma'ruf menyebut harus dilakukan standar penanganan yang hampir serupa. Hal tersebut dilakukan semata-mata agar masyarakat Indonesia terjamin keselamatan serta kesehatannya.


"Penanganan narkotika dan COVID-19 membutuhkan standar yang sama, yaitu untuk memberi jaminan dan melindungi hak-hak masyarakat agar dapat hidup, tumbuh, dan berkembang secara optimal," ucap Ma'ruf.

Di masa pandemi Corona ini, Ma'ruf mengungkap pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi COVID-19 serta narkotika. Ia juga mengingatkan daam masa New Normal saat ini untuk lebih disiplin dan menjauhi narkoba.

"Memasuki adaptasi kebiasaan baru pada masa Pandemi COVID-19, telah memaksa kita untuk mengadakan berbagai penyesuaian," lanjut Ma'ruf. "Mulai dari penyesuaian cara berpikir, hingga penyesuaian perilaku baru dengan protokol kesehatan yang ketat. Semuanya menuntut inovasi-inovasi baru yang disertai kepatuhan hukum dan disiplin tinggi."

"Tema acara HANI tahun 2020 ini sangat tepat yaitu, Hidup 100% di era new normal. Sadar, sehat, produktif, dan bahagia tanpa narkoba"," imbuh Ma'ruf. "Artinya kita semua harus berupaya bertahan hidup 100%, dengan tetap sadar, sehat, produktif, dan bahagia."

Sementara itu soal penyalahgunaan narkoba saat ini, BNN menyebut berdasarkan data pada tahun 2017 ada 3,37 juta jiwa dengan rentang usia 10-59 tahun. Bukannya menurun, jumlah tersebut justru melonjak pada tahun 2019 menjadi 3,6 juta. BNN juga mencatat angka penyalahgunaan narkoba di kalangan pelajar pada tahun 2018 mencapai angka 2,29 juta.

(wk/tria)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait