MV BLACKPINK 'How You Like That' Tuai Kontroversi Pasca Diklaim Tak Hormati Dewa Umat Hindu
Musik

BLACKPINK melakukan comeback yang telah lama ditunggu-tunggu dengan single pra-rilis berjudul 'How You Like That'. Ketika MV dirilis, penggemar pemeluk agama Hindu segera memperhatikan bahwa ada yang salah dengan salah satu adegan dalam MV tersebut.

WowKeren - BLACKPINK (Black Pink) akhirnya kembali menyapa penggemar dengan merilis lagu dan MV bertajuk "How You Like That". Namun, baru-baru ini MV comeback BLACKPINK dan YG Entertainment mendapat kecaman dari para pemeluk agama Hindu karena tidak menghormati budaya dan agama mereka.

Pada kemarin, Jumat (26/6) BLACKPINK melakukan comeback yang telah lama ditunggu-tunggu dengan single pra-rilis berjudul "How You Like That". Ketika MV dirilis, penggemar pemeluk agama Hindu segera memperhatikan bahwa ada yang salah dengan salah satu adegan dalam MV tersebut.

Dalam adegan solo, para penggemar dapat melihat Lisa melakukan rapping di sebuah gang. Adegan itu kemudian terpotong dan beralih memperlihatkan Lisa duduk di atas kursi singgasana di sebuah ruangan. Setelah diperiksa lebih dekat, penggemar dapat melihat bahwa ketika Lisa duduk di atas takhta, ada patung dewa Hindu Ganesha di sebelahnya yang ditempatkan di lantai.

MV BLACKPINK \'How You Like That\' Tuai Kontroversi Pasca Diklaim Tak Hormati Dewa Umat Hindu

Koreaboo

Dalam Pantheon Hindu, Ganesha adalah salah satu dewa terpenting yang disembah. Dewa Ganesha dihormati sebagai penghilang rintangan, ia melambangkan kebijaksanaan, dan merupakan dewa pelindung seni dan sains.

Salah satu kritik yang ditujukan pada adegan-adegan ini adalah bahwa Ganesha ditempatkan di lantai, yang dipandang sangat tidak sopan terhadap dewa. Orang Hindu percaya bahwa patung dewa harus selalu diletakkan di permukaan yang tinggi dan tidak pernah di lantai.


Penggemar juga mengklaim bahwa Lisa juga mengenakan sepatu di dekat patung dewa itu. Hal ini dipandang sebagai penghinaan lebih lanjut oleh umat Hindu karena sepatu sangat dilarang di dekat patung, kuil, dan lain sebagainya.

Kritik lain yang dimiliki penggemar India tentang adegan itu adalah bahwa patung Ganesha digunakan sebagai alat peraga di sebuah MV. Hal ini banyak membuat penggemar yang mengkritik MV yang menggunakan Hindu sebagai estetika belaka.

Penggemar juga menyuarakan tuduhan perampasan budaya dan tidak menyesuaikan budaya umat Hindu, karena Ganesha juga disembah di Thailand, dengan nama Phra Phikanesuan. Di Thailand, Ganesha juga digambarkan sebagai lambang Departemen Seni Rupa Thailand, dan juga akademi seni rupa terkemuka pertama Thailand, Universitas Silapakorn.

MV BLACKPINK \'How You Like That\' Tuai Kontroversi Pasca Diklaim Tak Hormati Dewa Umat Hindu

Twitter

Penggemar mulai mentrendingkan tagar "#Ganesha" dan "#YGapologise" guna menuntut tindakan untuk memperbaiki adegan di MV. Fans juga menyatakan bahwa mereka tidak menyalahkan Lisa, tetapi menginginkan tanggapan dan permintaan maaf dari agensi.

Sejauh ini, YG Entertainment masih belum menanggapi kekhawatiran tersebut, dan penggemar terus meminta jawaban. Bagaimana menurut kalian?

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait