Tembus 1.000 Kasus Sembuh Sehari, Ternyata Kurva Pasien Positif per-Provinsi Masih Mengkhawatirkan
AFP/NurPhoto/Dasril Roszandi
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Pada Minggu (28/6) kemarin Indonesia mencatatkan rekor baru kasus sembuh harian, yakni 1.027 pasien. Namun di sisi lain ternyata kurva kasus positif setiap provinsi justru semakin mengkhawatirkan.

WowKeren - Indonesia kembali mencatatkan angka gemilang dari segi kasus sembuh Corona. Sebagai informasi, pada Minggu (28/6) kemarin Indonesia mencatatkan ada 1.027 kasus sembuh.

Torehan angka ini merupakan yang pertama kali sejak kasus perdana dilaporkan pada 2 Maret 2020 silam. Angka ini pun praktis memecahkan rekor nasional yang sebelumnya dipegang oleh data kasus sembuh Jumat (26/6).


Tentu keberadaan lebih dari seribu kasus sembuh dalam sehari seperti memberikan angin segar di tengah semakin banyaknya pasien positif yang dikonfirmasi. Kendati demikian, Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Pandhu Riono, menegaskan bahwa saat ini Indonesia belum mencapai puncak pandemi.

Pandhu menekankan keberadaan banyaknya kasus positif tak menentukan apakah suatu wilayah sudah di puncak wabah atau belum. Namun kurva kasus positif nya lah yang menjadi penentu.

Dan bila merujuk pada pernyataan tersebut, maka dapat disimpulkan sementara bahwa Indonesia belum mencapai puncak pandemi. Hal ini tampak dari kurva kasus positif Corona di tiap provinsi yang masih mengkhawatirkan.

Melansir data Kementerian Kesehatan yang diolah menjadi kurva per-provinsi oleh Direktur Pengembangan Strategi Penanggulangan Bencana BNPB Indonesia, Agus Wibowo, tampaknya memang Indonesia masih menuju puncak pandemi. Sebab tampak kurvanya meningkat, meski ada beberapa yang mulai melandai dan menurun.

Yang sangat menyita perhatian adalah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Maluku, dan Maluku Utara. Pasalnya kurva di provinsi tersebut tampak meningkat tajam terutama beberapa waktu belakangan.

Tembus 1.000 Kasus Sembuh Sehari, Ternyata Kurva Pasien Positif per-Provinsi Masih Mengkhawatirkan-1

Twitter

Sedangkan beberapa daerah menunjukkan fluktuasi yang luar biasa signifikan seperti Lampung, Jambi, DI Yogyakarta, dan Jawa Barat. Nyaris semua provinsi di Pulau Kalimantan pun menunjukkan situasi serupa.

Tembus 1.000 Kasus Sembuh Sehari, Ternyata Kurva Pasien Positif per-Provinsi Masih Mengkhawatirkan-2

Twitter

Di sisi lain pemerintah diketahui mulai membuka kembali perekonomian Indonesia dengan mekanisme new normal. Harapannya roda perekonomian tetap berjalan dengan baik kendati tengah dikepung oleh krisis kesehatan bernama wabah Corona.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts