Berniat Menginap di Hotel Saat New Normal? Ikuti 8 Tips Ini Untuk Mencegah Penularan Virus Corona
Rawpixel/Jira
Travel
Skenario New Normal COVID-19

Di era new normal, sejumlah hotel di berbagai daerah telah dibuka. Bagi kamu yang berniat menginap di hotel saat new normal, sebaiknya terapkan delapan tips ini agar terhindar dari penularan virus Corona.

WowKeren - Sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai memasuki masa transisi new normal. Sesuai dengan namanya, new normal merupakan fase di mana aktivitas publik kembali dilakukan secara normal dengan protokol kesehatan tertentu demi mencegah penyebarluasan virus Corona.

Selain itu, sejumlah ruang publik juga kembali dibuka agar perekonomian masyarakat bisa berjalan. Salah satunya adalah hotel dan tempat penginapan. Untuk menjaga kesehatan bersama, sejumlah hotel telah menerapkan protokol kesehatan COVID-19 bagi karyawan dan para tamu yang berkunjung.


Nah jika kamu berencana menginap di hotel saat berlibur atau sekedar melakukan staycation untuk menyegarkan pikiran, sebaiknya simak artikel berikut ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips aman menginap di hotel saat new normal agar tetap terhindar dari virus Corona.

(wk/eval)

1. Pilih Hotel yang Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19


Pilih Hotel yang Sudah Menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19
https://www.kemenparekraf.go.id/

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah soal pemilihan hotel yang akan digunakan untuk menginap. Cari tahu hotel mana yang telah menerapkan protokol kesehatan COVID-19 dengan baik. Ada beberapa info yang bisa kamu cari, misalnya apakah pihak hotel melakukan pengecekan suhu badan di pintu masuk, apakah karyawannya telah dibekali dengan masker dan hand sanitizer hingga apakah mereka selalu menyemprotkan cairan disinfektan secara rutin.

Selain itu, sebaiknya lakukan pemesanan secara online. Hal ini penting dilakukan agar kamu tidak perlu mengantre saat akan melakukan pemesanan, sehingga bisa meminimalisir interaksi dengan orang lain saat akan check in. Saat melakukan pemesanan secara daring, kamu juga bisa menanyakan pada pihak hotel tentang protokol kesehatan COVID-19 seperti apa yang mereka terapkan.

2. Pastikan Kondisi Tubuh dalam Keadaan Prima Saat Menginap


Pastikan Kondisi Tubuh dalam Keadaan Prima Saat Menginap
Rawpixel/McKinsey

Sebelum memutuskan untuk menginap di hotel, pastikan tubuh kamu dalam keadaan prima. Sebab sistem kekebalan tubuh seseorang cenderung menurun saat sedang sakit, sehingga dia akan lebih rentan terserang berbagai penyakit dan virus, termasuk virus Corona.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih kebal terhadap virus. Salah satunya adalah dengan berolahraga secara rutin dan mengkonsumsi berbagai minuman herbal yang berkhasiat sebagai obat alami karena mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan.

3. Selalu Menggunakan Masker dan Bawa Perlengkapan Wajib Lainnya


Selalu Menggunakan Masker dan Bawa Perlengkapan Wajib Lainnya
Unsplash/Tai's Captures

Menggunakan masker merupakan hal yang wajib dilakukan saat beraktivitas di luar rumah selama Pandemi Corona, termasuk saat menginap di hotel. Bila perlu, gunakan juga face shield, kacamata, topi dan pakaian lengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan karyawan maupun tamu hotel yang lain.

Selain itu, usahakan juga untuk membawa berbagai barang penting agar terhindar dari virus Corona. Seperti hand sanitizer dengan kandungan alkohol sebesar 70 persen, tisu basah, tisu kering serta masker cadangan. Pastikan barang-barang ini selalu berada di dalam tas agar kamu bisa menggunakannya sewaktu-waktu.

4. Disiplin Menerapkan Social Distancing dan Hindari Fasilitas Umum Hotel


Disiplin Menerapkan Social Distancing dan Hindari Fasilitas Umum Hotel
Unsplash/Victor He

Menerapkan aturan social distancing sangat penting dilakukan demi mencegah penularan virus Corona. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu menjaga jarak dengan karyawan hotel maupun tamu yang lain minimal sejauh satu meter. Pasalnya kita tidak tahu apakah orang di sekitar kita terjangkit virus Corona atau tidak, bisa saja sebenarnya mereka positif COVID-19 namun tidak menunjukkan gejala apapun dan terlihat sehat.

Selain itu, usahakan juga untuk menghindari fasilitas umum yang disediakan oleh pihak hotel. Misalnya restoran, kolam renang, bar dan lain sebagainya. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kerumunan dan penggunaan barang yang sama yang dapat meningkatkan risiko penularan virus Corona.

5. Bersihkan Hotel Sebelum Ditempati


Bersihkan Hotel Sebelum Ditempati

Sebelum kita tempati biasanya pihak hotel akan membersihkan ruangan yang kita pesan terlebih dahulu. Namun di situasi seperti ini, tak ada salahnya untuk mengambil langkah ekstra. Usahakan untuk membersihkan lagi kamar hotel yang kamu pesan dengan sebaik mungkin.

Kamu bisa menggunakan cairan disinfektan untuk menyemprot beberapa permukaan benda di dalam hotel. Misalnya gagang pintu, tombol lampu, pegangan di kamar mandi, remot TV dan lain sebagainya. Meski terdengar berlebihan, langkah ini tak adalah salahnya dilakukan untuk menjaga keamanan dari virus yang bisa saja menempel di berbagai benda tersebut.

6. Pilih Layanan Makan di Kamar dan Bawa Peralatan Makan Sendiri


Pilih Layanan Makan di Kamar dan Bawa Peralatan Makan Sendiri
Unsplash/Charlie Solorzano

Di masa pandemi seperti saat ini, menghindari area ramai merupakan hal bijak yang sebaiknya dilakukan. Salah satu area hotel yang ramai pengunjung adalah restoran. Apalagi jika ada sesi sarapan di mana menu yang disajikan adalah prasmanan, risiko tertular virus Corona akan semakin besar. Sebab kamu tidak hanya akan menyentuh gagang sendok yang telah dipegang banyak orang, namun juga akan berinteraksi dengan mereka di satu ruangan yang sama.

Oleh sebab itu sebaiknya pilih layanan makan di kamar saja untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus dan menjaga keamanan diri sendiri. Bila perlu, usahakan juga untuk membawa peralatan makan sendiri atau meminta pihak hotel memberikan alat makan sekali pakai.

7. Minta Ganti Sprei, Selimut, Handuk dan Sejenisnya Jika Menginap dalam Waktu yang Lama


Minta Ganti Sprei, Selimut, Handuk dan Sejenisnya Jika Menginap dalam Waktu yang Lama
Rawpixel

Jika kamu berencana menginap dalam waktu yang lama lebih dari dua hari, jangan lupa untuk meminta petugas hotel mengganti sprei, selimut dan sarung bantal setidaknya dua hari sekali. Sedangkan untuk handuk dan sejenisnya, minta mereka menggantinya sehari sekali.

Tapi jika menginginkan keamanan ekstra, usahakan untuk membawa sprei, selimut dan sarung bantal sendiri dari rumah. Karena meski barang di hotel sudah diganti, kita tidak pernah bisa memastikan kebersihannya. Mungkin memang terdengar berlebihan, namun cara ini bisa dilakukan untuk menjaga keamanan diri kamu dengan lebih baik selama pandemi virus Corona.

8. Selalu Menjaga Kebersihan Diri


Selalu Menjaga Kebersihan Diri
Unsplash/Hannah Xu

Selain menjaga kebersihan sekitar, menjaga kebersihan diri sendiri juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Mandilah secara rutin, terutama setelah beraktivitas di luar kamar hotel. Usahakan juga untuk mencuci pakaian kotor sesegera mungkin dan jangan letakkan begitu saja di area yang kamu tempati, misalnya kasur dan kursi. Selain itu, usahakan untuk selalu mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun selama dua puluh detik setelah berinteraksi dengan orang lain di hotel.

Demikian delapan tips menginap di hotel saat new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips menggunakan transportasi umum selama new normal. Selain itu, kalian juga bisa menerapkan beberapa tips ini saat menggunakan toilet umum agar terhindar dari virus Corona.

You can share this post!

Related Posts