BNN Nyatakan Provinsi Ini 'Juara' 1 Kasus Pecandu Narkoba Terbanyak Di RI
Pxhere
Nasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) baru saja mengumumkan provinsi yang menjadi peringkat pertama dengan kasus pecandu narkoba terbanyak di Indonesia. Dimana?

WowKeren - Badan Narkotika Nasional (BNN) telah mengadakan survei mengenai provinsi yang memiliki kasus pecandu narkoba tertinggi di Indonesia. BNN lantas merilis hasil survei dan menyatakan satu provinsi ini sebagai wilayah terparah yang memiliki kasus pecandu narkoba terbanyak.

Provinsi tersebut adalah Sumatera Utara (Sumut). BNN menyatakan jika Sumut menjadi daerah dengan pecandu narkoba paling banyak di Tanah Air, dengan perkiraan lebih dari satu juta orang terlibat penyalahgunaan narkoba.


”Khusus di Sumut, pada survei yang lalu Sumut menduduki peringkat ketiga, ranking ketiga di Indonesia dalam hal penyalahgunaan narkoba,” kata Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Arman Depari di Kantor BNNP Sumut, Senin (29/6). “Sekarang ini peringkat satu, ranking satu. Ranking satu terbanyak pecandu narkoba di provinsi ini. Lebih dari satu juta orang.”

Posisi Sumut sebagai peringkat pertama penyalahgunaan narkoba tentunya cukup mengejutkan, mengingat pada survei sebelumnya Sumut berada di peringkat ketiga. Dengan ini, Sumut mengalahkan DKI Jakarta yang sebelumnya menjadi wilayah dengan penyalahgunaan narkoba terbanyak di Indonesia.

”Mengalahkan DKI yang pada waktu lalu menduduki peringkat satu,” ujar Arman. “Kalimantan Timur ini jauh lebih menurun dan juga Sumatera Selatan yang saat ini menduduki posisi kedua.”

Hal itu disampaikan Arman saat memaparkan penangkapan 6 orang diduga penyelundup 40 Kg sabu di Sumut-Aceh. Dalam kesempatan tersebut, Arman mengingatkan jika tingginya masalah narkotika di Sumut merupakan masalah bersama dan harus ditangani dengan serius. “Ini menjadi catatan kita semua,” tegas Arman.

Lebih lanjut Arman menjelaskan sejumlah penyebab tingginya angka pecandu narkoba di Sumut. Salah satunya adalah jumlah penduduk yang besar dan juga wilayah yang dekat dengan negara lain. Hal ini menjadikan Sumut sebagai salah satu pintu masuk penyelundupan narkoba.

”Di samping jadi pintu masuk, ternyata memang penduduk Sumut adalah pasar yang terbesar di kawasan Sumatera ini,” papar Arman. “Perlu menjadi perhatian kita, karena pangsanya, sasarannya adalah anak-anak muda kita, generasi milenial,”

(wk/lian)

You can share this post!

Related Posts