7 Nelayan Indonesia yang Tenggelam Ditolong Kapal Tiongkok di Natuna
Nasional

Kapal nelayan Indonesia yang tenggelam tersebut adalah Kapal Motor (KM) Sidik. Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Desa Tanjung, Natuna, pada Jumat (27/6) lalu menuju Kuala Mempawah, Pontianak.

WowKeren - Tujuh nelayan Indonesia diselamatkan oleh kapal Tiongkok di laut Natuna, Kepulauan Riau, pada Senin (29/6) dini hari. Kapal nelayan Indonesia tersebut diketahui tenggelam.

"Kapal Gua Yuan 28 mengevakuasi ketujuh korban," terang Kepala Subseksi Sumberdaya Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna, Leo Umbara, dilansir Antara. "Dalam kondisi enam orang selamat dan satu orang meninggal dunia.

Umbara lantas menjelaskan kronologis tenggelamnya kapal nelayan Indonesia tersebut hingga para penumpangnya diselamatkan oleh kapal Tiongkok. Menurut Umbara, kapal milik nelayan Indonesia yang tenggelam tersebut adalah Kapal Motor (KM) Sidik. Kapal tersebut berlayar dari Pelabuhan Desa Tanjung, Natuna, pada Jumat (27/6) lalu menuju Kuala Mempawah, Pontianak.

Sayangnya, KM Sidik dihantam badai pada Sabtu (28/6) pukul 03.00 WIB. Kapal nahas tersebut mengalami kerusakan, air masuk dan mesin pompa tidak mampu membuang air kembali ke laut.


KM Sidik pun akhirnya tenggelam di sekitar Pulau Seraya. Setelah itu, muncul kapal kargo berbendera Tiongkok dengan nama Gua Yuan 28.

Para nelayan Indonesia tersebut lantas ditolong oleh kapal dengan rute Tiongkok- Brazil yang tengah melintas di laut Natuna tersebut. Bantuan datang dan para nelayan pun dipindah ke kapal milik Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Natuna, yaitu KN SAR Sasikirana.

Menurut Umbara, proses evakuasi tersebut membutuhkan waktu kurang lebih 6 jam. "KN SAR Sasikirana sudah merapat ke Pelabuhan Penagi, Ranai, Natuna, sekitar pukul 03.40 WIB," jelas Umbara.

Kini ketujuh nelayan Indonesia tersebut mendapat penanganan dari tim medis RSUD Natuna dengan protokol kesehatan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Berikut adalah identitas tujuh nelayan Indonesia yang ditolong oleh Kapal Gua Yuan 28:

  1. Nahkoda: Porqan, 27 th (Lakis) Ngempawah
  2. Sudarman, 38 tahun (Lakis) Mempawah
  3. Alfian, 53 tahun(Lakis) Mempawah Timur
  4. Teguh, 29 tahun (Lakis) Mempawah Timur
  5. Jamuris, 55 tahun (Lakis) Tanjung
  6. Lendra, 33 tahun(Lakis) Pontianak
  7. Husaini, 54 tahun (Lakis) Ketapang/ Meninggal dunia
(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait