Bisa Bikin Badan Kembali Segar, Intip 7 Minuman Yang Cocok Untuk Atasi Mual Akibat Mabuk
Health

Mual menjadi salah satu hal yang dirasakan saat mabuk, baik mabuk perjalanan ataupun mabuk karena minuman beralkohol. Perasaan mual ini tentu sangat tak nyaman dan bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

WowKeren - Mual menjadi salah satu hal yang dirasakan saat mabuk, baik mabuk perjalanan ataupun mabuk karena minuman beralkohol. Perasaan mual ini tentu sangat tak nyaman dan bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Hangover membuat penderitanya merasa tidak enak badan mulai dari pusing, lemas hingga mual. Untuk gejala hangover bisa benar-benar hilang setidaknya dibutuhkan setidaknya 8-24 jam sampai kalian kembali pulih. Hal ini tentu mengganggu kegiatan sehari-hari.

Untuk itu, kalian bisa mengatasi rasa mual tersebut dengan beberapa minuman sederhana ini. Minuman ini diklaim dapat membuat keadaan perut kembali nyaman sehingga kalian tak akan merasakan mual lagi. Kalian bisa juga menggunakannya baik untuk mabuk kendaraan atau mabuk alkohol. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Wedang Jahe


Wedang Jahe

Jahe memang dikenal sebagai obat ampuh untuk melawan rasa mual. Wedang Jahe bisa membuat perut kalian terasa hangat ketika diseduh. Selain itu, aroma dari jahe juga bisa menenangkan dan akhirnya dapat mengatasi mual. Selain diminum, jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk permen atau manisan.

Selain itu, The National Institue oh Health USA mengungkapkan penelitian awal bahwa mengkonsumsi kombinasi jahe, serabut putih buah jeruk (tangerin pith), dan gula merah sebelum minum alkohol bisa menurunkan risiko mual dan muntah keesokan paginya.

2. Air Kelapa Muda


Air Kelapa Muda

Mengonsumsi air kelapa muda sudah dikenal lama sebagai minuman untuk mendetoks racun. Tak heran jika minuman ini bisa untuk mengatasi rasa apalagi jika berasal dari mabuk minuman beralkohol.

Air kelapa muda akan menetralisir racun dan menguatkan sistem imun serta mampu meredakan rasa mual. Air kelapa merupakan alternatif cairan yang baik untuk mengatasi hangover. Air kelapa kaya akan elektrolit untuk mengembalikan keseimbangan cairan dalam tubuh.

3. Teh Peppermint


Teh Peppermint

Peppermint dikenal sebagai salah satu tanaman yang mampu mengatasi rasa mual saat perjalanan. Teh yang ditambah dengan peppermint juga bisa jadi alternatif minuman yang dikonsumsi ketika mual.

Aroma peppermint yang segar, dapat menenangkan dan membuat otot-otot lambung jadi lebih rileks. Sehingga mual yang kamu rasakan bisa hilang. Selain itu, kalian juga bisa mengkonsumsi permen yang rasanya mint.

4. Perasan Air Lemon


Perasan Air Lemon

Air perasan lemon juga bisa menghilangkan rasa mual. Cukup campurkan air lemon yang diseduh dengan air hangat, dijamin akan membuat perut nyaman. Air lemon inijuga mampu mengembalikan energi kalian yang terkuras setelah muntah-muntah.

Kalian bisa juga mengkonsumsi minuman ini dalam bentuk jus, atau dicampur antara teh dan perasan jeruk lemon. Kalau kalian malas untuk meminumnya, bisa makan permen rasa lemon juga sebagai gantinya.

5. Jus Buah


Jus Buah

Fruktosa diketahui dapat membantu mempercepat metabolisme alkohol dalam tubuh. Fruktosa merupakan satu dari deret jenis gula selain glukosa dan sukrosa. Fruktosa dapat diperoleh dari buah-buahan atau makanan ringan yang mengandung buah alami. Jus buah juga bisa jadi pilihan. Selain mempercepat metabolisme, jus buah juga membantu menghilangkan dehidrasi akibat alkohol.

6. Teh Kayu Manis


Teh Kayu Manis

Aroma wangi dari kayu manis akan membuat kalian lebih tenang serta mengusir rasa pusing dan mual secara cepat. Kalian bisa mencampurkan kayu manis ke dalam teh sebelum melakukan perjalanan.

7. Air Putih Hangat


Air Putih Hangat

Cara sederhana namun ampuh untuk mengatasi mabuk terutama mabuk karena alkohol adalah dengan minum air putih hangat. Alkohol adalah cairan diuretik yang membuat Anda kehilangan banyak cairan tubuh, alias dehidrasi. Untuk menghindari hangover berat esok paginya, minum satu gelas air di sela minuman beralkohol kalian.

Asupan cairan, selain alkohol, akan memperlambat kerja tubuh menyerap alkohol, dan menurunkan konsentrasi alkohol dalam darah. Gejala hangover sebagian besar timbul akibat dehidrasi, jadi mengganti cairan tubuh adalah alternatif yang baik untuk meringankan gejala Anda. Minum banyak air, 2-3 liter sepanjang hari.

Intip juga beberapa tips ini bakal bantu kalian atasi migrain menyakitkan secara alami di sini. Simak juga beberapa tips untuk mengatasi mual akibat morning sickness pada ibu hamil dalam artikel berikut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait