Jokowi Minta Gugus Tugas COVID-19 Fokus ke 57 Zona Merah, Mana Saja?
Instagram/kemensetneg.ri
Nasional
COVID-19 di Indonesia

57 kabupaten/kota ini diminta untuk menjadi prioritas Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam bekerja. Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan DKI Jakarta menjadi penyumbang terbesar.

WowKeren - Presiden Joko Widodo semakin menunjukkan ketegasannya dalam menangani pandemi virus Corona. Bila sebelumnya Jokowi sempat menjadi viral karena mengancam akan melakukan reshuffle kabinet, kini sang presiden dengan tegas mengarahkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Nasional untuk fokus ke daerah mana saja.

Hal ini diungkap oleh Ketua Gugus Tugas COVID-19, Letjen TNI Doni Monardo. Doni menyebut ada 57 zona merah COVID-19 yang menjadi "sasaran" Jokowi, berkurang nyaris setengahnya apabila dibandingkan dengan 108 zona yang sebelumnya terlapor.


"Penekanan Pak Presiden ke depan, gugus tugas bersama dengan gugus tugas provinsi memprioritaskan 57 kabupaten/kota," ujar Doni usai rapat terbatas di Istana Medeka, Jakarta, Senin (29/6). "Dengan tingkat risiko yang masih tinggi."

"Kita berupaya memberikan dukungan terhadap 57 kabupaten/kota yang masih risiko tinggi," imbuh Doni, dilansir dari CNN Indonesia. "Kalau kita lihat ada daerah yang tadinya merah pada 1 Juni sekarang sudah berubah, dalam waktu tiga minggu dari 108 zona merah menjadi 57."

Kendati demikian, Doni kembali menegaskan bahwa penanganan Corona di wilayah-wilayah berisiko tinggi tak bisa dilakukan sepihak oleh pemerintah pusat. Diperlukan pula koordinasi dan kerjasama yang baik dengan kepala daerah serta masyarakat.

Selain itu, Doni juga meminta agar sosialisasi penanganan COVID-19 kepada masyarakat makin digencarkan dan diperbaiki. "(Termasuk) gunakan bahasa yang mudah dipahami masyarakat, istilah asing diterjemahkan misal droplet, physical distancing, new normal," tegas Doni.

Lantas daerah mana sajakah yang masuk dalam 57 zona merah ini? Dilansir dari Kompas, terungkap bahwa DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Kalimantan Selatan menjadi yang terbanyak menyumbangkan daerah dalam daftar ini. Berikut penjabarannya.

  1. Sumatera Utara: Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan, Kota Binjai
  2. Sumatera Selatan: Kota Palembang
  3. Sulawesi Utara: Kota Tomohon, Kota Manado, Minahasa Utara
  4. Sulawesi Tenggara: Buton
  5. Sulawesi Selatan: Gowa, Kota Makassar
  6. Papua: Kabupaten dan Kota Jayapura
  7. Nusa Tenggara Barat: Kota Mataram
  8. Maluku Utara: Kota Ternate
  9. Maluku: Maluku Tengah, Kota Ambon
  10. Kalimantan Tengah: Gunung Mas, Lamandau, Kota Palangkaraya, Kapuas
  11. Kalimantan Selatan: Tanah Laut, Tapin, Hulu Sungai Selatan, Banjar, Hulu Sungai Tengah, Balangan, Kotabaru, Barito Kuala, Hulu Sungai Utara, Tabalong, Kota Banjarmasin
  12. Jawa Timur: Jombang, Pamekasan, Gresik, Kota Malang, Kabupaten Pasuruan, Kota Batu, Kediri, Tuban, Lamongan, Mojokerto, Kota Surabaya, Sidoarjo, Kota Pasuruan
  13. Jawa Tengah: Kota Semarang, Kota Magelang, Demak, Kabupaten Semarang
  14. Gorontalo: Kota Gorontalo, Bone Belango
  15. DKI Jakarta: Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Pusat, Jakarta Utara
  16. Banten: Kota Tangerang Selatan
  17. Bali: Kabupaten Karangasem, Kota Denpasar
(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts