Siap-Siap Besok Bisa Bikin SIM Gratis, Catat Syarat dan Cara Mendapatkannya
Nasional

Kepolisian di berbagai daerah Indonesia serentak menggelar layanan pembuatan dan perpanjangan SIM gratis pada Rabu (1/7) besok. Berikut cara mengakses layanan SIM gratis di beberapa Polda dan Polres.

WowKeren - Korps Bhayangkara akan genap berusia 74 tahun pada Rabu (1/7) besok. Dan untuk memperingatinya, Korps Lalu Lintas Polri berencana menggelar program khusus pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis.

Diketahui Korlantas Polri akan menggratiskan biaya pembuatan SIM yang akan masuk ke Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Namun calon pemilik SIM tetap harus membayar biaya uji kesehatan yang berlaku normal.


Sedianya program SIM gratis ini akan dilakukan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Namun ada syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti dalam uraian berikut. Jadi, pastikan kamu catat baik-baik syarat dan ketentuannya serta bagaimana cara mengakses program SIM gratis ini ya.

Seperti misalnya Polda Metro Jaya hanya memberikan layanan SIM gratis untuk warga Jakarta yang lahir pada 1 Juli. Namun tak hanya untuk mereka yang hendak membuat SIM baru, layanan ini juga diberikan kepada yang akan memperpanjang izin surat-suratnya.

Untuk persyaratannya, pemohon diharap membawa e-KTP asli dan fotokopinya, lulus tes kesehatan, lulus ujian teori dan praktik untuk pembuatan SIM baru, serta membawa SIM asli apabila hendak memperpanjang. Namun jumlah pemohon juga dibatasi, yakni 200 pembuatan SIM baru dan 300 pemohon perpanjangan.

Polda Jawa Timur dan Polda Bangka Tengah pun menerapkan hal serupa. Namun hal berbeda diterapkan Polda DI Yogyakarta yang hanya melayani pembuatan SIM gratis untuk pemohon baru dan bukan perpanjangan. Untuk persyaratannya pun serupa dengan polda-polda lain.

Polres Pandeglang pun tak ketinggalan menyusul jejak Polda Metro Jaya, Polda Jatim, dan Polda Bangka Tengah. Polres Pandeglang juga memberikan layanan SIM gratis baik bagi pembuatan baru maupun perpanjangan.

Namun yang menarik Polres Pandeglang juga menyediakan doorprize berupa sepeda gratis. "Masyarakat jangan khawatir khususnya pemohon SIM baru yang tidak mendapatkan sepeda, kami sudah sediakan beberapa hadiah menarik lainnya,” kata Kasatlantas Polres Pandeglang, Iptu Riska Tri Arditia.

Sedangkan Polres Pangkalpinang secara spesifik menyasar warga dari golongan kurang mampu seperti supir angkutan umum serta ojek dalam program SIM gratis ini. Sementara Polres Empat Lawang Sumatera Selatan tak memberikan banyak "rambu-rambu" untuk warganya yang hendak mengakses layanan SIM gratis ini.

Namun yang harus diingat, semua warga yang hendak mendapatkan SIM gratis harus sudah lolos tes yang disyaratkan seperti ujian teori, praktik, dan psikologi. "Jika memang dianggap belum layak, maka SIM-nya belum bisa kita terbitkan, hanya yang lulus di semua tahapan yang SIM-nya bisa kita terbitkan," tegas Kasat Lantas Polres Bangka Tengah, AKP Toni Susanto.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts