Bukan Surabaya, Indeks Kewaspadaan Corona di Wilayah Ini 'Peringkat 1' Indonesia
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Kawal COVID-19 merilis Indeks Kewaspadaan yang menunjukkan seberapa tinggi risiko penularan di setiap kabupaten/kota Indonesia. Kini terungkap Surabaya bukan yang tertinggi.

WowKeren - Tingginya laju penularan serta tingkat serangan Corona di Surabaya membuat kota tersebut kerap dikhawatirkan menjadi episentrum baru wabah. Bahkan Presiden Joko Widodo sampai memberi target waktu bagi pemerintah setempat mengendalikan laju penularan wabah COVID-19 di Surabaya, atau di Jawa Timur secara garis besar.

Namun rupanya indeks kewaspadaan Corona di Surabaya bukanlah yang tertinggi se-Indonesia. Memang apakah yang dimaksud dengan indeks kewaspadaan?


Dilansir dari Suara, indeks kewaspadaan merupakan fitur baru dari komunitas Kawal COVID-19 yang menunjukkan besar atau kecilnya risiko penyebaran penyakit tersebut. Data yang disajikan diukur per kabupaten/kota dengan perbedaan kepekatan pulasan warna sebagai penanda.

Semakin tinggi angka indeks kewaspadaan, maka diharapkan masyarakat daerah tersebut bisa lebih memahami besarnya risiko tertular COVID-19. Harapannya kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan pun meningkat.

"Menggunakan data kasus positif kumulatif atau kasus aktif saja tidak memberi gambaran lengkap tentang risikonya," ungkap Kawal COVID-19, Selasa (23/6) pekan lalu. "Indeks kewaspadaan ini bisa dibandingkan pula dengan indeks zona dari pemerintah."

Indeks kewaspadaan ini bisa diakses lewat media-media sosial resmi Kawal COVID-19, salah satunya di Twitter. Dan dari visualisasi peta indeks kewaspadaan COVID-19 hari Senin (29/6), terungkap bahwa Surabaya bukanlah daerah dengan indeks kewaspadaan atau tingkat risiko tertinggi di Indonesia.

Merujuk pada peta indeks tersebut, Surabaya memiliki indeks kewaspadaan sebesar 15,06, tak jauh berbeda dengan Gresik dan Sidoarjo sebagai daerah penyangga. Sementara angka ini termasuk tertinggi di Pulau Jawa, bahkan bila dibandingkan dengan Jakarta yang berkisar antara indeks 4-9.

Bukan Surabaya, Indeks Kewaspadaan Corona di Wilayah Ini \'Peringkat 1\' Indonesia-1

Kawal COVID-19

Namun ternyata Surabaya bukanlah yang tertinggi di Indonesia. Sebab ada beberapa daerah lain yang bahkan indeks kewaspadaannya sampai di atas 20. Mana sajakah itu?

Kabupaten Keerom, Papua merupakan daerah dengan indeks kewaspadaan tertinggi di Indonesia. Pulasan warnanya pun begitu pekat lantaran indeksnya mencapai level 24,17.

Bukan Surabaya, Indeks Kewaspadaan Corona di Wilayah Ini \'Peringkat 1\' Indonesia-2

Kawal COVID-19

Di bawahnya adalah Banjarmasin, Kalimantan Selatan dengan indeks kewaspadaan 22,45 lalu Manado, Sulawesi Utara dengan indeks 21,00. Bila merujuk pada perkembangan wabah Corona selama beberapa hari belakangan memang daerah Papua, Kalsel, dan Sulut menjadi yang cukup banyak menyumbangkan pasien positif COVID-19.

Bukan Surabaya, Indeks Kewaspadaan Corona di Wilayah Ini \'Peringkat 1\' Indonesia-3

Kawal COVID-19

Selain itu, daerah Maluku Utara seperti Ternate dan Tidore Kepulauan juga mencatatkan indeks kewaspadaan yang tinggi. Ternate berada di level 16,73 sementara Tidore Kepulauan di level 16,13.

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts