Viral Video Sampah Bungkus Makanan Produk Indonesia Berceceran di Jalanan Jepang
SerbaSerbi

Jepang dikenal sebagai negara dengan tingkat kesadaran tinggi untuk menjaga kebersihan. Oleh sebab itu, sampah yang diduga dibuang sembarangan oleh orang Indonesia jadi perbincangan.

WowKeren - Lingkungan yang bersih tentu menjadi dambaan setiap orang. Namun seringkali keindahan dan kebersihan lingkungan terkotori oleh sampah yang dibuang oknum tak bertanggung jawab. Seperti terekam dalam video TikTok @hassanhans yang viral belakangan ini.

Namun video viral tersebut begitu berbeda karena merekam sebuah jalanan di Jepang. Dalam video, tampak sampah dari bungkus produk makanan Indonesia tercecer di jalanan tersebut. Padahal Jepang dikenal sebagai negara dengan kesadaran tinggi untuk menjaga kebersihan.

Oleh sebab itu, warganet berspekulasi apabila pelaku yang membuang sampah sembarangan itu adalah warga dari Indonesia. Hingga saat ini, video TikTok yang dibagikan Mas Kasan pada Minggu (28/6) tersebut telah ditonton lebih dari 1,8 juta kali.

Mas Kasan mengungkapkan bahwa itu merupakan kali pertamanya menemukan sampah di Jepang selama tinggal beberapa hari. Ia pun menyampaikan pesan agar tindakan tak terpuji tersebut tidak dicontoh oleh yang lain karena dapat mempermalukan nama bangsa.

Viral Video Sampah Bungkus Makanan Produk Indonesia Berceceran di Jalanan Jepang

TikTok


"Beberapa hari ke Jepang, belum pernah nemu sampah. Sekali nemu langsung bikin emosi kayak gini dong," ujar Mas Kasan. "Di Jepang baru nemu sampah, belum pernah nemu sampah, baru nemu sampah di sini. Ternyata punya siapa hayo? Garuda pedas dong, sama sambel. Hayo punya siapa ini ngaku!"

"Jangan dicontoh ya, guys," tulis Mas Kasan dalam video TikTok-nya. "Pas traveling, sampahnya disimpan dulu di tas aja ya, baru buang pas di hotel aja plis."

Menanggapi video tersebut, warganet mengaku ikut malu. Namun, beberapa warganet menilai apabila belum tentu warga Indonesia yang melakukan hal tersebut.

"Yang buang sampah siapa gw yang malu," komentar Ryukotsu. "Suka heran sama indo's people. Keluar negeri, budaya buruk di negeri sendiri masih dibawa bawa," timpal akun Olivia Stevi.

"Belum tentu jga yg makan orang indo," kata akun Yusuf Efendi. "Mohon maap, itu memang makanan indo tapi belum tentu juga orang indo yang buang, bisa jadi orang jepang yang makan," balas akun Dark Knight.

(wk/nere)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel