Bukan Karena COVID-19, Penduduk Pulau Ini Harus Gunakan Masker Seumur Hidupnya
SerbaSerbi

Sebuah pulau di Jepang, Miyakejima mewajibkan penghuninya untuk menggunakan masker seumur hidupnya lantaran pulau tersebut ditutupi gas beracun. Gas beracun tersebut berasal dari gunung Oyama.

WowKeren - Menggunakan masker telah menjadi kewajiban di masa pandemi seperti saat ini. Hal ini dilakukan demi menghindari penularan virus corona (COVID-19) yang berbahaya.

Namun, jauh sebelum munculnya wabah COVID-19 sebuah pulau di Jepang telah menuntut masyarakatnya untuk memakai masker seumur hidup mereka. Pulau yang dimaksud adalah Miyakejima.

Miyakejima merupakan sebuah pulau yang berada di Jepang dan diklaim sebagai kota paling berbahaya untuk ditinggali. Pulau yang berada dalam kawasan Taman nasional Fuji-Hakone-Izu ini merupakan bagian dari Kepulauan Izu dan berada di 180 kilometer pulau utama Jepang, Honshu.

Pulau ini memiliki sebuah gunung berapi aktif di bagian tengahnya yang disebut gunung Oyama. Gunung ini telah meletus selama beberapa kali sepanjang sejarah. Pada 14 Juli tahun 2000, gunung ini meletus dengan rangkaian letusan yang cukup besar.


Tidak hanya mengeluarkan material vulkanik, gunung ini juga mengeluarkan gas sulfur-oksida (belerang) dalam jumlah banyak. Karena kondisi yang semakin parah, 3.600 penduduk pulau Miyake dievakuasi dari pulau itu untuk menghindari keracunan gas.

Gunung Oyama masih terus melakukan aktivitas vulkanik dan gas beracun yang merembes dari dasar-dasar tanah. Pulau Miyake kemudian menjadi pulau paling beracun di Jepang. Barulah pada tahun 2005, saat semua aktivitas gunung Oyama telah berhenti dan situasi kembali stabil sehingga warga pun diizinkan untuk pulang kembali meski gas beracun masih membayangi hari-hari mereka.

Meski begitu, para warga harus mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan oleh pemerintah setempat. Seluruh warga baik orang dewasa dan anak kecil harus selalu membawa dan memakai masker gas agar terlindung dari paparan gas beracun.

Dilansir Earthtipper.com, pemerintah Jepang akan memberikan hadiah berupa uang bagi warganya yang tetap tinggal di pulau ini. Hal itulah yang menjadi alasan utama ribuan penduduk tersebut tetap bertahan di Pulau Miyakejima.

Meski pulau tersebut masih berpenghuni, namun tetap saja hampir sepertiga wilayah Miyakejima tetap terlarang. Pemerintah pun tetap rutin melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, termasuk memberlakukan batasan umur di daerah tertentu. Meski berbahaya, pulau ini masih menjadi destinasi menarik yang dikunjungi oleh wisatawan.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru