Usai Rudal, India Kirim Artileri dan Tank ke Perbatasan Tiongkok
AFP
Dunia

Upaya tentara India untuk mengerahkan tank dan artileri ini terjadi setelah Tiongkok memperkuat pasukan dengan kendaraan pengangkut personel lapis baja dan tenda militer di perbatasan.

WowKeren - India mengerahkan artileri dan tank ke wilayah Lembah Galwan, Timur Ladakh, perbatasan Himalaya. Pengiriman artileri hingga tank ini menyusul insiden bentrok berdarah yang terjadi antara pasukan India dan Tiongkok pada 15 Juni lalu.

The Hindustan Times melaporkan bahwa India mengerahkan tank tipe T-90 di sepanjang Garis Kontrol Aktual (LAC) antara kedua negara. Tank tipe tersebut diketahui mampu melontarkan amunisi dengan diameter 155 milimeter.

Upaya tentara India untuk mengerahkan tank dan artileri ini terjadi setelah Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) memperkuat militernya dengan kendaraan pengangkut personel lapis baja dan tenda militer di wilayah tersebut. Sebelum mengirim tank dan artileri, India juga memasang sistem pertahanan rudal di Ladakh.

Di sisi lain, ketegangan antar kedua negara bermula saat Beijing mengklaim bahwa India secara sepihak membangun jalan serta jembatan di wilayah garus perbatasan LAC sejak April. Kemudian pada 6 Mei, pasukan India disebut melintasi perbatasan untuk membangun benteng serta barikade.


Merespons hal tersebut, India mengatakan sejak awal Mei, Tiongkok telah menghalangi pola patroli tradisional India di LAC. Hal itu kemudian menyebabkan bentrok pasukan kedua negara di wilayah perbatasan.

Pada 6 Juni, India dan Tiongkok telah menyepakati deeskalasi di LAC. Kedua belah pihak menyatakan komitmen untuk menghormati dan mematuhi LAC serta tidak melakukan aktivitas yang dapat mengubah status quo.

Namun pada 15 Juni, pasukan India dan Tiongkok kembali terlibat bentrok. Sebanyak 20 tentara dari pihak India dilaporkan tewas. Sementara Tiongkok disebut memiliki 40 korban jiwa. Sama seperti sebelumnya, kedua negara kembali saling tuding menjadi pihak yang melanggar LAC.

Sebagai informasi tambahan, Tiongkok dan India memiliki perbatasan sepanjang 3,440 kilometer. Keduanya mempunyai klaim wilayah yang tumpang tindih. LAC adalah garis demarkasi yang memisahkan klaim wilayah kedua negara di Ladakh.

Karena medan perbatasan berupa sungai, danau, dan tebing bersalju, garis pemisah itu dapat bergeser. Hal tersebut menyebabkan pasukan patroli perbatasan kedua negara kerap bersinggungan dan tak jarang memicu perkelahian atau kontak fisik.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait