Seharusnya Berakhir Besok, PSBB Transisi Jakarta Diperpanjang 14 Hari
Instagram/dishubdkijakarta
Nasional

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sendiri telah melakukan evaluasi dalam wujud indeks pelonggaran, bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI).

WowKeren - Provinsi DKI Jakarta telah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi sejak 5 Juni 2020 lalu. PSBB Transisi Fase I pun akan berakhir pada Kamis (2/7) besok.

Namun, Gubernur DKI Anies Baswedan menyatakan bahwa PSBB Transisi di Ibu Kota akan diperpanjang 14 hari ke depan. "PSBB (Transisi) di Jakarta diperpanjang 14 hari ke depan dan akan evaluasi lagi sesudah kita dapat perkembangan terbaru," tutur Anies dalam jumpa pers di Balai Kota DKI pada Rabu (1/7) hari ini.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI sendiri telah melakukan evaluasi dalam wujud indeks pelonggaran, bekerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI). Pelonggaran boleh dilakukan apabila skor indeksnya sudah berada di atas 70.

Skor indeks pelonggaran di DKI sendiri adalah sebesar 71 per 30 Juni 2020. "Total skornya 71. Dengan total skor ini, status kita bisa melakukan pelonggaran dan kesimpulan rapat gugus tadi disimpulkan PSBB Transisi, yang artinya semua kegiatan berlangsung masih dengan kapasitas 50 persen, diteruskan 14 hari ke depan," jelas Anies.

Terdapat 3 unsur yang dinilai dalam indikator pelonggaran yang disebutkan Anies. Yaitu epidemiologi, kesehatan masyarakat, dan fasilitas kesehatan.


Berikut skor DKI:

  1. Epidemiologi: 75
  2. Kesehatan masyarakat: 54
  3. Fasilitas kesehatan: 83
  4. Total skor: 71

"Statusnya sekarang ini adalah tetap," pungkas Anies. "Status PSBB masa transisi fase 1 diperpanjang 14 hari."

Dikutip dari Kompas, PSBB Transisi di DKI Jakarta berlaku mulai Jumat (5/6) selama 2 pekan sampai Kamis (18/6). Dalam PSBB transisi tahap I itu sejumlah kegiatan boleh dilaksanakan kembali seperti kegiatan di tempat ibadah, aktivitas perkantoran, sampai pembukaan pusat perbelanjaan atau mal.

Lalu PSBB Transisi dilanjutkan ke tahap II mulai Jumat (19/6) dan berlangsung selama 2 pekan juga. PSBB transisi tahap II inilah yang berlangsung sampai Kamsi (2/7) besok.

Sejumlah aktivitas mulai diizinkan selama era PSBB Transisi tahap II. Seperti dibukanya kembali taman rekreasi, baik dalam maupun luar ruangan, kebun binatang, sampai salon.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru