Kantong Plastik 'Diharamkan' di Jakarta Mulai Hari Ini, Pengunjung Pasar Bilang Begini
Nasional

Salah satu tempat yang sudah mulai menerapkan aturan ini adalah Pasar Minggu di Jakarta Pusat. Beberapa pengunjung Pasar Minggu lantas membagikan pandangannya terhadap aturan anyar ini.

WowKeren - Penggunaan kantong plastik sekali pakai sudah dilarang di DKI Jakarta mulai Rabu (1/7) hari ini. Aturan ini pun berlaku di pusat perbelanjaan (mal), toko swalayan, sampai pasar tradisional.

Salah satu tempat yang sudah mulai menerapkan aturan ini adalah Pasar Minggu di Jakarta Pusat. Beberapa pengunjung Pasar Minggu lantas membagikan pandangannya terhadap aturan anyar ini.


Salah seorang pengunjung bernama Sukma sudah bersiap dan membawa tas belanja dari rumah. Sukma sendiri menilai bahwa larangan ini akan sulit diterapkan karena masyarakat sudah terbiasa memakai kantong plastik sekali pakai dan lupa membawa tas belanja saat pergi ke pasar.

"Tanggapannya ya ada positif ada negatifnya nih. Pembeli ya kadang bingung, lupa bawa tas dari rumah bingung deh mau beli dimana," ujar Sukma dilansir detikcom pada hari ini. "Kalau di Indomaret bisa beli tas di sana, kalau di pasar yang jual anak-anak enggak ada."

Sementara itu, pengunjung lain yang bernama Mulyani mendukung larangan kantong plastik ini. Ia menilai aturan tersebut efektif untuk mengurangi limbah plastik. "Sepertinya bagus, mengurangi limbah plastik yang tidak bisa dicerna," jelas Sukma.

Namun demikian, Mulyani mengaku bahwa tas yang dibawanya tidak cukup untuk menampung belanjaannya. Akhirnya ia terpaksa masih menggunakan kantong plastik tambahan pada hari ini. "Sebenarnya kalau belanjanya banyak kurang, karena tadi kirain belanjanya sedikit jadi bawanya (tas) kecil," tutur Mulyani.

Di Pasar Minggu sendiri, Mulyani menilai larangan kantong plastik ini belum efektif diterapkan. Ia mengaku masih banyak pedagang yang langsung memberikan plastik. "Belum (efektif), masih langsung kasih plastik. Kalau di pasar ini kayaknya belum tapi kalau di mal, supermarket sudah berjalan, harus bawa kresek sendiri. Kalau enggak kita bawa keranjang," ungkap Mulyani.

Lalu ada seorang pengunjung bernama Masiah yang mengaku sudah mengetahui aturan ini sejak lama. Hanya saja hari ini ia tidak membawa tas belanja. Masiah pun memprediksi bahwa masyarakat Jakarta akan sedikit kesulitan menerapkan larangan penggunaan kantong plastik.

"Sudah lama, cuma mendadak lagi pergi. Biasanya saya bawa tas dari rumah," pungkas Masiah. "Ya sebenarnya sih kalau kita nggak bawa ini (bawa tas belanja) sulit juga kita Mbak. Tapi ya saya sih sering membawa ini (tas)."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts