Deretan Film Inspiratif Ini Ajarkan Tentang Bahayanya Pembullyan, Stop Bullying!
Film

Maraknya tindak perundungan membuat beberapa sineas ini mencoba memberikan edukasi sekaligus berkarya melalui film dengan mengangkat tema bullying. Apa saja?

WowKeren - Kasus bullying atau perundungan menjadi salah satu hal yang wajib mendapat perhatian tersendiri. Entah itu secara verbal, non verbal, atau bahkan melalui dunia maya, bullying akan memberikan dampak negatif bagi korban, bahkan berpengaruh besar dalam kehidupannya.

Sering disamarkan dengan bercanda atau bergurau, secara tak sadar banyak di antara kita yang mungkin saja telah menjadi pelaku perundungan. Padahal, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang yang menjadi korban penindasan. Bahkan tak jarang, para korban tersebut nekat melakukan tindak bunuh diri lantaran tak tahan lagi dengan perundungan yang didapatkannya.


Tindak bullying sendiri seakan sudah menjadi kasus umum di kalangan masyarakat. Mulai dari orang awam hingga selebriti, banyak di antara mereka yang secara terbuka menceritakan pengalaman saat mengalami perundungan hingga dampak yang mereka dapatkan pada kesehatan psikis.

Atas dasar hal inilah beberapa sineas ini mencoba memberikan edukasi sekaligus berkarya melalui film dengan mengangkat tema bullying, terutama yang kerap terjadi di kalangan remaja. Harapannya, kasus bullying tidak terjadi lagi dan kita bisa belajar untuk menghargai orang serta memetik pesan moral melalui film yang disajikan.

Nah, berikut tim Wowkeren.com merekomendasikan 10 film inspiratif yang akan mengajarkan tentang bahayanya pembulyan, sekaligus memberikan pesan moral agar kita mampu memperlakukan orang lain dengan lebih baik. Apa saja?

(wk/luth)

1. A Girl Like Her


A Girl Like Her

Film ini menceritakan tentang seorang pem-bully yang merasa tak bersalah atas apa yang ia lakukan hingga membuat temannya depresi.

Kisah ini berawal dari seorang gadis bernama Jessica Burns (Lexi Ainsworth) yang mencoba untuk bunuh diri lantaran sudah tak tahan atas tindakan perundungan yang dilakukan kepadanya di sekolah.

Semua orang mengatakan bahwa hal tersebut disebabkan oleh Avery Keller (Hunter King), yang sering melakukan perundungan kepada Jessica. Avery menyangkal tuduhan itu dengan membuat video kesehariannya sebagai siswi populer yang disegani oleh teman-teman sekolahnya. Sedangkan menurut sahabat baik Jessica, Avery mulai melakukan bully hanya karena hal sepele dan seakan tak sadar telah melukai Jessica.

"A Girl Like Her" sendiri sebenarnya berangkat dari ribuan kisah bullying yang sering terjadi di banyak sekolah SMA di Amerika Serikat. Film ini memberikan pesan bahwa kita secara tak sadar telah melakukan tindak pembullyan yang menyebabkan orang lain terluka.

2. Unfriended


Unfriended

Diproduksi pada tahun 2014, ksah "Unfriended" berawal dengan munculnya akun misterius "Billie227" yang mengaku bernama Laura, korban bully yang tewas bunuh diri setahun sebelumnya.

Akun misterius ini muncul ditengah-tengah Blaire (Shelley Henning) dan Mitch (Moses J. Storm), juga 3 teman lainnya saat berbincang-bincang melalui Skype. Di sanalah Billie227 mulai membeberkan siapa saja yang telah melakukan pembullyan dan juga apa saja yang telah dilakukan sang pelaku hingga membuat Laura tewas.

"Unfriended" sendiri cukup unik lantaran mengangkat tema tentang perundungan dengan balutan misteri. Film ini memberikan pesan bahwa pelaku pembullyan tak bisa lari dari tanggung jawab setelah menghancurkan hidup korbannya.

3. Cyberbully


Cyberbully

Sesuai dengan judulnya, "Cyberbully" mengangkat tema tentang cyberbullying alias perundungan lewat dunia maya. Film yang dibintangi oleh si cantik Maisie Williams ini memberi gambaran kepada kita bahwa hanya dengan satu kalimat tertera di dunia maya saja bisa menyebabkan seseorang depresi bahkan bunuh diri.

"Cyberbully" berkisah tentang Casey (Maisie Williams) yang sedang melakukan video call via Skype bersama sahabatnya, Megan (Ella Purnell). Mereka terkejut dengan melihat tweet dari mantan Casey, Nathan, yang membeberkan keburukan Casey.

Tak terima dengan itu, Casey menghubungi seorang hacker bernama Alex untuk meretas akun Nathan. Namun hal janggal terjadi ketika ia mendapat balasan yang ternyata bukan dari Alex, melainkan seorang hacker tak dikenal melakukan aksinya dengan menyebarkan semua keburukan Casey dan hal-hal memalukan yang pernah Casey lakukan.

4. Bang Bang You're Dead


Bang Bang You're Dead

Film yang tayang pada tahun 2002 ini bercerita tentang Trevor Adams yang diperankan oleh Ben Foster, seorang siswa SMA yang sebenarnya cerdas dan teladan. Namun semua orang memandangnya dengan pandangan aneh dan membullynya secara ekstrem, termasuk sahabatnya sendiri.

Tak tahan selalu menjadi korban perundungan, Trevor pun mengancam untuk melakukan pengeboman di sekolah. Namun ada satu orang yang masih peduli dengannya, seorang guru bernama Mr. Val Duncan (Tom Cavanagh) yang ingin mencegah Trevor.

"Bang Bang You're Dead" memberikan pesan bahwa terkadang tindak pembullyan justru akan berbalik pada pelaku bully itu sendiri dengan cara yang lebih ekstrem.

5. Odd Girl Out


Odd Girl Out

"Odd Girl Out" bisa dibilang mengangkat isu bully yang sangat kental bahkan mungkin menyakitkan. Film ini menceritakan saat sahabat-sahabatmu yang tadinya selalu berdiri bersamamu perlahan-lahan mulai menjauh darimu, bahkan memusuhimu hanya karena masalah percintaan.

Vanessa Snyder yang diperankan oleh Alexa Vega merupakan tokoh utama dalam "Odd Girl Out", di mana ia dijauhi oleh sahabat-sahabatnya hanya karena dirinya dekat dengan laki-laki yang disukainya. Perlahan-lahan tidak ada lagi yang mau berteman dengan Vanessa, bahkan ia seperti orang yang dikucilkan.

Orang-orang yang mebullynya juga membuat sebuah website dan memajang gambar-gambar memalukan Vanessa. Setelah dipermalukan habis-habisan, dikerjai, dan diejek, Vanessa pun mencoba untuk bunuh diri.

Film ini memberikan pelajaran dari sudut pandang korban pembullyan. Bagaimana dampak perundungan yang ia terima membuatnya begitu tertekan hingga ingin mengakhiri hidupnya.

6. The Class


The Class

Secara tema, "The Class" bisa dibilang sama dengan "Bang Bang You're Dead", di mana seseorang yang mendapat tindak pembullyan berniat untuk membalaskan dendamnya.

"The Class" dibintangi oleh Part Uusberg sebagai Joosep. Ia merupakan siswa SMA yang baik, tapi ia terus mengalami bully yang dilakukan seluruh siswa di sekolahnya.

Ada satu kelompok yang sering merundungnya yaitu diketuai oleh Anders (Lauri Pedaja). Anders menjadi provokator menyuruh semua siswa untuk terus-menerus memukuli Joosep, dan mengganggunya dengan cara yang tak manusiawi. Namun teman sekelasnya, Kaspar (Vallo Kirs) memutuskan untuk berada disisi Joosep dan melawan Anders, serta merencanakan untuk melakukan pembalasan.

Serupa dengan "Bang Bang You're Dead", "The Class" juga memberikan pesan bahwa terkadang tindak pembullyan justru akan berbalik pada pelaku bully itu sendiri.

7. The Karate Kid


The Karate Kid

Siapa sih yang tidak tahu film remake tahun 1984 ini?

"The Karate Kid" yang dibintangi oleh Jackie Chan dan Jaden Smith ini bercerita tentang seorang anak bernama Dre Parker (Jaden), yang harus pindah rumah dan sekolahnya dari Detroit ke Beijing. Ia mengalami kesulitan beradaptasi di tempat barunya lantaran penampilannya yang cukup beda.

Di sanalah ia mulai mengalami bullying dari sekelompok anak diketuai oleh Cheng yang jago kungfu. Sejak saat itu ia bertekad mempelajari kungfu dari seorang tekhnisi yang bernama Mr. Han (Jackie Chan) untuk keluar dari belenggu penindasan tersebut.

Berbeda dari film lainnya, "The Karate Kid" lebih menonjolkan tentang bagaimana upaya seorang korban bully untuk lepas dari perundungan yang dialaminya.

8. The Duff


The Duff

"The Duff" diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Berbeda dengan film bertema bullying lainnya, "The Duff" memiliki alur komedi sehingga terasa santai saat ditonton.

Film ini bercerita tentang Bianca (Mae Whitman) yang tiba-tiba mendapatkan julukan Duff dari seorang laki-laki yang ada di kelasnya. Duff (Designated Ugly Fat Friends) yang dimaksud adalah panggilan untuk anak yang paling tidak populer, tidak cantik, dan tidak menarik dari semua teman-temannya yang memiliki kebalikan darinya.

Tak terima diperlakukan sebagai Duff, Bianca kemudian memutuskan untuk bangkit, walau ia sudah tidak memiliki teman bahkan orang-orang masih mencibirnya.

Film ini memberi pesan serupa dengan "The Karate Kid", yakni tentang bagaimana seorang korban bully berusaha bangkit dan lepas dari tindak pembullyan yang dialaminya.

9. Wonder


Wonder

"Wonder" bercerita tentang seorang remaja yang menjadi korban bullying, Auggie, yang merupakan anak yang lahir dengan kelainan fisik di kepalanya. Kelainan yang dimilinya tersebut membuat dia mempunyai penampilan agak aneh dan menjadi korban bullying.

Kendati demikian, "Wonder" sendiri mengusung tema yang jauh lebih positif tanpa meremehkan kondisi Auggie. Film ini mengajak kita memandang dari sudut yang berbeda untuk tak meremehkan seseorang yang memiliki kelainan.

10. Bully


Bully

"Bully" menceritakan kisah 5 remaja di Amerika dan bullying yang mereka terima di sekolah. Film rilisan tahun 2011 ini bahkan bisa dibilang penuh dengan adegan yang menyakitkan dan mengungkap fenomena kelam pergaulan remaja yang lekat dengan isu perundungan.

Fokus di sini terletak di Tyler dan Ty, dua remaja yang akhirnya bunuh diri akibat bullying yang mereka terima. Seperti film dokumenter kebanyakan, "Bully" menunjukkan kenyataan pahit soal praktik bullying dan membuka mata kita tentang mirisnya tindak perundungan yang dialami oleh remaja sekolah.

You can share this post!