Suhu Laut Terus Memanas, 60 Persen Ikan di Bumi Terancam Punah Imbas Perubahan Iklim
Unsplash/Sebastian Pena Lambarri
Dunia

Bahkan menurut para peneliti, 60 persen spesies ikan di seluruh dunia tidak akan mampu hidup pada 2100 nanti jika suhu laut naik hingga 5 derajat celsius.

WowKeren - Perubahan iklim bisa menyebabkan suhu lautan kian memanas. Setidaknya itulah yang dikatakan oleh para peniti.

Mereka menyebut jika suhu lautan yang terlalu panas akan mempengaruhi keberlangsungan hidup 60 spesies ikan. Sebab, kondisi laut yang panas membuat embrio dan pemijahan ikan tidak bisa bertahan lama.

Bahkan menurut para peneliti, 60 persen spesies ikan di seluruh dunia tidak akan mampu hidup pada 2100 nanti jika suhu laut naik hingga 5 derajat celcius. Berdasarkan kesepakatan perubahan iklim Paris pada tahun 2015 silam, jika panas di laut mengalami kenaikan sebesar 1,5 derajat celcius, 10 persen ikan tidak akan bertahan.


Hans-Otto Pörtner di Alfred Wegener Institute Bremerhaven, Jerman, mengajak umat manusia untuk lebih memperhatikan keberlangsungan hidup ikan-ikan. Pasalnya, ikan merupakan sumber nutrisi penting bagi manusia.

"Ikan sangat penting bagi nutrisi manusia," kata dia dilansir dari New Scientist, Senin (6/7). "Jadi penelitian ini menjadi bukti kuat untuk melindungi ekosistem dan lingkungan alami kita."

Pörtner melanjutkan jika embrio dan ikan yang bertelur memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap perubahan suhu ini. Hal ini berkaitan dengan kebutuhan mereka akan oksigen yang lebih besar sehingga mereka kurang bisa menoleransi adanya pemanasan suhu di laut. Oksigen lebih mudah larut dalam air yang lebih dingin dan lebih sedikit pada yang lebih hangat.

Sayangnya, laut diperkirakan memanas terlalu cepat bagi ikan untuk melakukan adaptasi evolutif. Meskipun ikan dapat pindah ke daerah yang lebih dingin, tetapi tempat pemijahan baru yang sesuai tidak selalu tersedia. "Perlu upaya untuk menekan perubahan iklim semaksimal mungkin," kata Pörtner.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait