Ojol Sudah Boleh Beroperasi, Ini 7 Tips Bepergian Aman Naik Ojek Online Saat New Normal
Travel

Untung mengangkut penumpang, baik pengemudi atau penumpang ojol juga harus mematuhi beberapa protokol kesehatan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penularan yang makin meluas.

WowKeren - Indonesia saat ini tengah menjalani era new normal di mana semua kegiatan kembali berjalan namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Ojek online (ojol) telah kembali diizinkan mengangkut penumpang, bahkan di daerah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sekalipun.

Seperti yang diketahui, sebelumnya ojol cuma boleh membawa makanan dan barang saja. Namun satu hal yang perlu diingat adalah ojol masih dilarang untuk mengangkut penumpang di zona merah dan oranye yang merupakan zona dengan risiko tinggi dan sedang.


Untung mengangkut penumpang, baik pengemudi atau penumpang ojol juga harus mematuhi beberapa protokol kesehatan. Hal ini untuk mengantisipasi adanya penularan yang makin meluas. Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips bepergian aman menggunakan ojol di tengah era new normal. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Gunakan Masker Dengan Benar


Gunakan Masker Dengan Benar

Hal pertama yang paling penting dan enggak boleh dilupakan adalah pakai masker. Enggak hanya asal menggunakan saja, kalian juga wajib menggunakan masker dengan benar. Hindari lepas-pakai masker juga ya.

Saat berkendara, sebagian orang sering membuka maskernya sedikit, sehingga yang tertutup hanya mulutnya, tetapi hidungnya tidak terlindungi. Nah cara ini harus dihindari. Pastikan bagian mulut dan hidung tertutup dengan masker ya.

2. Kenakan Pakaian Yang Tertutup


Kenakan Pakaian Yang Tertutup

Gunakan juga pakaian lengan panjang dan sarung tangan. Hal ini untuk mencegah agar virus tak langsung menempel di tubuh. Hal ini juga bisa melindungi kulit kalian dari teriknya naik motor di siang hari kan?

Driver harus pakai pakaian yang sesuai protokol kesehatan. Jangan ragu untuk menegur driver bila ia membuka masker tanpa alasan jelas, apalagi sampai mengajak ngobrol di tengah perjalanan. Kalian tidak perlu mencondongkan tubuh ke arah driver karena berisiko terkena droplet saat driver berbicara.

3. Bawa Helm Pribadi


Bawa Helm Pribadi

Bagi kalian yang menggunakan helm dari pengemudi, para penyedia jasa biasanya menyiapkan hair net. Namun penumpang tetap disarankan bawa helm pribadi miliknya yang terjamin kebersihannya.

Selain itu, membawa helm sendiri juga memastikan helm kalian memiliki dengan kaca penutup. Bawa juga lebih dari satu masker serta hand sanitizer. Bisa juga membawa kacamata untuk melindungi mata dari drople.

4. Minimalisir Berbicara Saat Naik Ojol


Minimalisir Berbicara Saat Naik Ojol

Seperti yang sudah diketahui, saat mulut berbicara, maka cairan tubuh atau droplet dapat tersebar ke udara. Untuk menghindari penularan virus corona, ada baiknya kalian tidak berbicara atau memulai pembicaraan saat naik ojek.

Hal ini dilakukan guna menghindari adanya cairan tubuh yang tersebar lewat udara, saat ojek sedang melaju kencang. Meski menggunakan masker kita tidak dapat menjamin bahwa droplet tidak akan menyebar apalagi di tengah angin kencang saat naik motor.

5. Hindari Menyentuh Wajah Selama Perjalanan


Hindari Menyentuh Wajah Selama Perjalanan

Tak jarang kalian akan menyentuh wajah, mata, hidung dan mulut secara tak sadar. Entah itu membetulkan riasan atau sekedar menggaruk kulit yang gatal. Namun sebaiknya hindari dulu kebiasaan tersebut, khususnya ketika tangan kita belum bersih.

Pasalnya tangan kalian bisa saja telah ditempeli virus Corona usai menyentuh berbagai benda di ojol. Jika kalian tidak menyadarinya dan langsung menyentuh wajah, bukan tidak mungkin virus tersebut akan berpindah ke wajah kalian.

6. Bayar Dengan Menggunakan Uang Elektronik


Bayar Dengan Menggunakan Uang Elektronik

Saat era new normal jangan terlalu sering menggunakan uang tunai dan lebih baik pakai uang elektronik. Begitu pula dengan pembayaran ojo. Saat seseorang yang mengidap COVID-19 bersin, droplet atau cairan tubuhnya itu dapat hinggap di permukaan, tak terkecuali uang kertas.

Maka dari itu, saat naik ojek, kalian lebih disarankan untuk membayar dengan uang elektronik yang sudah disediakan oleh pihak ojek online. Sebab, penggunaan uang kertas bisa meningkatkan risiko penyebaran virus berbahaya itu.

7. Cuci Tangan Segera Setelah Turun


Cuci Tangan Segera Setelah Turun

Setelah sampai di tujuan, penumpang harus membersihkan tangannya dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Jika kalian bawa baju ganti, maka ganti pakaian perjalanan kalian itu dengan pakaian kerja.

Lalu, driver juga harus melakukan disinfeksi setelah order-an selesai. Jika rute yang ditempuh adalah rute macet (otomatis padat atau stuck bersama orang banyak) tetapi kalian atau driver tahu rute jalan yang lebih sepi dan lancar, lebih baik pilih opsi jalan yang sepi ya.

Intip juga tips yang bisa bantu orang tua untuk persiapkan anak kembali bersekolah di era new normal di sini. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips kembali bekerja di kantor selama new normal agar terhindar dari virus Corona.

You can share this post!

Related Posts